Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh Media Kartu Angka Bergambar Terhadap Peningkatan Kemampuan Kognitif Anak pada PAUD Tunas Bangsa Pulau Intan Tahun Ajaran 2020/2021. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kuantitatif dengan pre-tes post tes control design group. Penelitian ini menggunakan teknik pengambilan sampel dengan total sampling yakni dengan melibatkan seluruh peserta didik PAUD Tunas Bangsa Pulau Intan yang berjumlah 32 orang. Sampel dibagi 2 kelompok yaitu 16 orang kelas kontrol dan 16 orang dikelas eksperimen. Teknik analisis data pada penelitian ini menggunakan SPSS versi 22 untuk uji Normalitas, Homogenitas dan uji Hipotesis. Kemampuan kognitif peserta didik pada kelas kontrol saat pre tes diperoleh nilai rata-rata sebesar 5,13 dan pada saat post tes diperoleh nilai rata-rata sebesar 8,00. Kemampuan kognitif peserta didik pada kelas eksperimen saat pre tes diperoleh nilai rata-rata sebesar 4,56 dan pada saat post tes diperoleh nilai rata-rata sebesar 9,75. Terdapat pengaruh media kartu angka bergambar terhadap peningkatan kemampuan kognitif peseta didik PAUD Tunas Bangsa Pulau Intan. Hal ini dapat dilihat dari pengujian hipotsis yang digunakan adalah uji t, yaitu uji satu pihakdengan taraf signifikan 5%. Uji t satu pihak dimana harga thitung 3,530 dan diketahui ttabel 2,042. Maka kriteria pengujian adalah jika thitung > ttabel maka Ha diterima artinya terdapat pengaruh media kartu angka bergambar terhadap peningkatan kemampuan kognitif anak. Kata kunci: media kartu angka bergambar, kognitif peserta didik
Copyrights © 2023