Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) peran guru PPKn dalam meningkatkan motivasi belajar peserta didik kelas X ATPH di SMK Negeri 5 Kolaka Timur; 2) faktor-faktor yang mempengaruhi motivasi belajar peserta didik kelas X ATPH di SMK Negeri 5 Kolaka Timur. Jenis penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif yaitu peneliti memberikan gambaran secara ilmiah dari data yang didapatkan di lapangan mengenai peran guru ppkn dalam meningkatkan motivasi belajar peserta didik kelas X ATPH di SMK Negeri 5 Kolaka Timur dengan menggunakan pedoman wawancara, observasi dan dokumentasi secara mendalam. Subjek penelitian ini berjumlah 5 orang yang terdiri dari 1 orang kepala sekolah, 1 orang orang guru PPKn,dan 3 orang peserta didik kelas X ATPH. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peran guru dalam meningkatkan motivasi belajar peserta didik, yaitu: a) menjadikan peserta didik yang aktif dalam kegiatan belajar mengajar; b) menciptakan susasana kelas yang kondusif; c), menciptakan metode pembelajaran yang bervariasi; d) meningkatkan antusias dan semangat dalam belajar; e) memberikan penghargaan; f) menciptakan aktivitas yang melibatkan peserta didik dalam kelas. Adapun faktor-faktor yang mempengaruhi motivasi belajar peserta didik, yaitu: a) cita-cita/Aspirasi; b) kemampuan peserta didik; c) kondisi Peserta didik dan lingkungan; d) unsur dinamis dan pengajaran; dan e) upaya guru dalam mengajar peserta didik.
Copyrights © 2024