Indonesian Journal of Learning and Instructional Innovation
Vol 1 No 02 (2023): Indonesian Journal of Learning and Instructional Innovation: December

Persepsi Peserta Didik Tentang Efektivitas Komunikasi Pembelajaran dan Selera Humor Pada Pembelajaran Daring

Wibawanto, Hilmawan (Unknown)
Prihatin, Relly (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Dec 2023

Abstract

Evolusi di bidang teknologi pendidikan memicu transisi dari metode pembelajaran tradisional ke pembelajaran daring. Hal ini mendorong guru berinovasi dalam menciptakan proses pembelaajran yang efektif. Guru menghadapi tantangan dalam memanfaatkan teknologi dan melakukan komunikasi pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui efektifitas komunikasi pembelajaran dan selera humor pada pembelajaran daring. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan kuesioner untuk pengumpulan data. Responden merupakan peserta didik kelas XII Sekolah Menengah Kejuruan yang ditentukan dengan teknik purposive sampling. Analisis data penelitian menggunakan teknik deskriptif dengan grafik untuk penyajian data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa komunikasi pembelajaran dengan metode diskusi atau sharing secara efektif dapat meningkatkan keterampilan sosial peserta didik. Selipan humor pada proses pembelajaran juga secara efektif dapat meningkatkan motivasi belajar peserta didik saat pembelajaran daring. Guru perlu terus berinovasi dan kreatif dalam memanfaatkan teknologi yang ada, serta menerapkan komunikasi pembelajaran daring yang optimal.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

ijolii

Publisher

Subject

Computer Science & IT Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences Other

Description

Indonesian Journal of Learning and Instructional Innovation is peer reviewed journal of educational technology research which publishes reviews, analysis, dan empirical research on designing, developing, managing, utilizing and evaluating educational Technology to facilitating learning and improving ...