Penelitian ini bertujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui kondisi obyektif media manipulatif dalam meningkatkan pemahaman siswa sekolah dasar khususnya pada mata pelajaran matematika di sekolah dasar, dengan menggunakan metode penelitian kualitatif deskriptif yaitu deskripsi hasil yang diperoleh dari observasi dan wawancara. Media memegang peranan penting dalam proses pembelajaran di kelas khusus pada mata pelajaran matematika yang membutuhkan pemahaman konsep abstrak ke konkret, sehingga guru dapat menggunakan media untuk membantu menyampaikan materi untuk meningkatkan keterlibatan dan ketertarikan siswa terhadap pelajaran di kelas. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rata-rata guru dalam mengajar mata pelajaran matematika yang awalnya hanya menggunakan alat bantu sederhana yaitu buku pelajaran dan papan tulis sebagai alat peraga di kelas, kemudian menggunakan alat peraga manipulatif pada saat mentransfer materi kepada siswa agar siswa memahami konsep matematika dengan cara melihat secara langsung pada objek yang dapat mereka sentuh, sehingga dapat meningkatkan pemahaman siswa, serta aktif dan berminat dalam pembelajaran di kelas. Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa media manipulatif dapat meningkatkan pemahaman siswa khususnya pada mata pelajaran matematika, sehingga diharapkan dengan adanya penelitian ini, guru dapat mengembangkan media pembelajaran di kelas dengan menggunakan media manipulatif yang disesuaikan dengan materi dan tujuan pembelajaran yang ingin dicapai dengan menggunakan alat dan bahan.
Copyrights © 2024