Indonesian Journal of Learning and Instructional Innovation
Vol 2 No 01 (2024): Indonesian Journal of Learning and Instructional Innovation: June

Dukungan Teman Sebaya untuk Memahami Materi Pelajaran pada Anak Tunarungu di Sekolah Luar Biasa

Anggraini, Mirna (Unknown)
Laeli Shifa Nur Fauziah (Unknown)
Muhammad Irgie Fahmi Aulia (Unknown)
Suparmi (Unknown)



Article Info

Publish Date
28 Jun 2024

Abstract

Pendidikan inklusif menjadi sangat penting karena bersifat keberagaman tanpa membedakan satu sama lain. Anak tunarungu yang secara fisik memiliki keterbatasan dalam hal pendengaran tentunya memiliki perbedaan kondisi fisik dengan anak normal lainnya. Adapun dalam setiap pendidikan tentunya ada interaksi yang dilakukan antar sesama untuk saling menerima informasi. Interaksi dengan teman sebaya dapat menciptakan interaksi sosial yang memberikan efek dukungan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui peran dan dukungan teman sebaya dalam bekerja sama untuk memahami materi pelajaran pada anak tunarungu di Sekolah Luar Biasa (SLB). Metode penelitian yang  digunakan adalah metode penelitian kualitatif pendekatan deskriptif. Hasil penelitian di SLB Negeri Surakarta menunjukkan adanya dukungan teman sebaya pada anak tunarungu sangat berperan penting dalam memahami materi pelajaran di kelas. Dengan adanya dukungan teman sebaya dapat tercipta interaksi positif yang dapat membantu dalam memahami materi sehingga kerjasama antar siswa tunarungu dapat terjalin dengan baik.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

ijolii

Publisher

Subject

Computer Science & IT Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences Other

Description

Indonesian Journal of Learning and Instructional Innovation is peer reviewed journal of educational technology research which publishes reviews, analysis, dan empirical research on designing, developing, managing, utilizing and evaluating educational Technology to facilitating learning and improving ...