Tafani
Vol 3 No 2 (2024): TAFANI

Inovasi Dalam Pendidikan: Metode Ice Breaking Sebagai Sarana Meningkatkan Kualitas Belajar Di Sekolah Dasar Negeri 013 Tanjung Batu

Putri, Syarifah Anjelina (Unknown)



Article Info

Publish Date
01 Dec 2024

Abstract

Proses kegiatan belajar di kelas tidak terlepas akan peran guru di dalam pembelajaran. Sebab guru sebagai pendidik sangat membantu muridnya dalam proses kegiatan belajar di dalam kelas. Apalagi terhadap kejenuhan peserta didik yang kerap terjadi dalam proses kegiatan belajar mengajar berlangsung. Oleh sebab itu, guru seharusnya mempelajari sebuah metode yang bernamaice breaking. Tujuan dilakukannya dalam artikel ini ialah untuk mengetahui bagaimana penggunaan ice breaking, manfaat serta hubungan dengan pengenmbalian konsentrasi belajar murid. Teknik yang digunakan yaitu dokumentasi. Dalam artikel ini menggunakan data kualitatif dengan jenis data naratif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa (1) ice breaking berlaku untuk semua mata pelajaran, termasuk mata pelajaran yang informal. Model pembelajaran Cooperative Setting Realistic (Resik) dan model pembelajaran lainnya dapat digunakan dengan ice breaking. (2) Ice breaking dapat digunakan untuk meningkatkan antusiasme belajar siswa, minat, retensi, hasil belajar, dan kemampuan komunikasi. (3) Menghilangkan kebosanan, kejenuhan, dan kelesuan dengan aktivitas mudah yang dapat diselesaikan siapa saja tanpa pelatihan khusus adalah salah satu keuntungan memperkenalkan ice breaking.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

TAFANI

Publisher

Subject

Humanities Economics, Econometrics & Finance Education Environmental Science Law, Crime, Criminology & Criminal Justice Public Health Social Sciences

Description

TAFANI Jurnal Pengabdian Masyarakat, diterbitkan oleh Lembaga Penelitian dan Pengabdian Masyarakat LP2M UINSI Samarinda. Jurnal ini terbit dua kali setahun yaitu September dan Maret yang membahas praktik dan proses pengabdian masyarakat. TAFANI Jurnal Pengabdian Masyarakat menyediakan forum bagi ...