Inovasi model bisnis adalah cara perusahaan menciptakan dan menangkap nilai bagi pelanggan mereka dan untuk diri mereka sendiri, salah satunya yaitu transformasi digital. Penelitian ini dengan tujuan mengenai apakah UKM yang menjalani transformasi digital berkinerja lebih baik jika mereka mengalokasikan lebih banyak sumber daya untuk eksperimen model bisnis dan lebih terlibat dalam implementasi strategi. Pengujian model dan hipotesis dilakukan dengan menggunakan sampel 110 responden dengan kriteria pelaku UKM di Yogyakarta. Teknik pengambilan sampel dengan metode random sampling. Penelitian ini menggunakan structural equation modelling (SEM) Partial Least Squares (PLS), menggunakan software SmartPLS v.3. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa variabel sumber daya model bisnis dan strategi model bisnis berpengaruh positif dan signifikan terhadap kebijakan model bisnis, sumber daya model bisnis dan strategi model bisnis berpengaruh positif dan signifikan terhadap inovasi, inovasi dan kebijakan model bisnis berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja pada UKM di Yogyakarta.
Copyrights © 2023