cover
Contact Name
Arif Hartono
Contact Email
arif.hartono@seb.co.id
Phone
+6282112414180
Journal Mail Official
titikdesiharsoyo@seb.co.id
Editorial Address
Pundong I, Tirtoadi, Mlati, Sleman, DIY 55287
Location
Kab. sleman,
Daerah istimewa yogyakarta
INDONESIA
Indonesian Journal of Economics, Business, Accounting, and Management
ISSN : -     EISSN : 29880211     DOI : -
Core Subject : Economy, Social,
We invite researchers, academics and practitioners to submit research results, internship reports, and business design manuscripts to the Indonesian Journal of Economics, Business, Accounting, and Management (IJEBAM). Indonesian Journal of Economics, Business, Accounting, and Management (IJEBAM) is an open peer-reviewed journal dedicated to the publication of research articles, internship reports, and business design articles of economic, business, accounting and management quality, but not implicitly limited. The peer-review process is applied and ethical consideration is in our best interest. All publications in the Indonesian Journal of Economics, Business, Accounting, and Management (IJEBAM) are open access which allows articles to be freely available online without any subscription and free of charge. please click here to submit online. The cost of publishing articles can be accessed by clicking here. Acceptance of manuscripts has started from now on. We are waiting for your best manuscripts for quality publications. Thank you
Articles 109 Documents
Penilaian Holistik terhadap Kualitas Layanan dan Kualitas Pengalaman di Kedai Kopi Klothok Yogyakarta (Studi Kasus: Pengunjung Kopi Klothok Yogyakarta) Valentino, Calvin; Roostika, Ratna
Indonesian Journal of Economics, Business, Accounting, and Management (IJEBAM) Vol 1 No 1 (2022): Volume 1, No. 1, 2022
Publisher : PT SOLUSI EDUKASI BERDIKARI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.63901/ijebam.v1i1.1

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan penilaian holistik terhadap kualitas pelayanan dan kualitas pengalaman pengunjung kedai Kopi Klothok di Yogyakarta. Adanya sejumlah pesaing dalam lingkup bisnis yang sama membuat konsumen lebih detail dalam menentukan keunggulan rasa dan kualitas seperti yang diharapkan. Selama dekade terakhir, kedai kopi telah memainkan peran penting sebagai segmen yang muncul dari industri jasa makanan dan minuman di Yogyakarta. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini berjumlah 260 responden yang berkunjung ke Kopi Klotok Yogyakarta. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive sampling. Teknik analisis statistik yang digunakan adalah analisis SEM dengan bantuan software pengolah data AMOS versi 22. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang positif dan signifikan terhadap kualitas layanan, kualitas pengalaman, nilai yang dirasakan, sikap, dan loyalitas.
Pengaruh Niat Beli Barang Mewah Terhadap Perilaku Pembelian pada Generasi Z Wafi, Irsyad Shalahuddin
Indonesian Journal of Economics, Business, Accounting, and Management (IJEBAM) Vol 1 No 1 (2022): Volume 1, No. 1, 2022
Publisher : PT SOLUSI EDUKASI BERDIKARI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.63901/ijebam.v1i1.2

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan pengaruh niat beli barang mewah terhadap perilaku pembelia pada generasi Z. Peneliti menggunakan non-probability sampling dan convenience sampling untuk mengumpulkan data dari responden. Pengujian hipotesis dalam penelitian ini menggunakan analisis deskriptif yang diolah dengan bantuan software statistical product and service solutions (SPSS) sebanyak 45 responden untuk menguji apakah pertanyaan ini sesuai dengan fungsi pengukurannya dan kuesioner dapat dipahami, selain itu analisis structural equation modeling (SEM) yang diolah dengan bantuan software SmartPLS dengan jumlah responden sebanyak 150. Hasil dari penelitian menunjukan bahwa variabel brand consciousness, percieved quality, dan need of uniqueness berpengaruh positif dan signifikan terhadap purchase intention, dan variabel purchase intention berpengaruh positif dan signifikan terhadap purchase behavior.
Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Minat Beli dan Dampaknya terhadap Pembelian Aktual Produk Counterfeit (Studi pada Mahasiswa Fakultas Bisnis dan Ekonomika Universitas Islam Indonesia) Nasira, Wuri Estyana
Indonesian Journal of Economics, Business, Accounting, and Management (IJEBAM) Vol 1 No 1 (2022): Volume 1, No. 1, 2022
Publisher : PT SOLUSI EDUKASI BERDIKARI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.63901/ijebam.v1i1.3

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh moral judgment terhadap minat beli produk counterfeit, pengaruh norma subyektif terhadap minat beli produk counterfeit, pengaruh self-regulatory efficacy terhadap minat beli produk counterfeit, pengaruh idolatry terhadap minat beli produk counterfeit, pengaruh peer preference terhadap minat beli produk counterfeit dan pengaruh minat beli terhadap pembelian aktual produk counterfeit. Dalam penelitian ini populasinya adalah semua mahasiwa Universitas Islam Indonesia dengan sampel yang diambil sebesar 190 responden. Metode analisis data menggunakan SEM. Hasil penelitian ini membuktikan bahwa moral judgment berpengaruh negatif dan signifikan terhadap minat pembelian produk counterfeit, sementara norma subyektif, self-regulatory efficacy, idolatry, dan peer preference berpengaruh positif dan signifikan terhadap minat pembelian produk counterfeit.
Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Kelangsungan Penggunaan Media Sosial sebagai Media Pemasaran pada Usaha Kecil di Kota Yogyakarta Anugrahanto, Fajar; Adristi, Fikri Irfan; Fajar, Rayhan Dwi
Indonesian Journal of Economics, Business, Accounting, and Management (IJEBAM) Vol 1 No 1 (2022): Volume 1, No. 1, 2022
Publisher : PT SOLUSI EDUKASI BERDIKARI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.63901/ijebam.v1i1.4

Abstract

Penelitian ini bertujuan mengetahui hubungan faktor-faktor seperti kompatibilitas, efektivitas biaya, kepercayaan dan interaktivitas terhadap penggunaan media sosial oleh usaha kecil di kota Yogyakarta. Selain itu, dampak dari penggunaan media sosial terhadap kinerja non-keuangan juga diteliti. Populasi dalam penelitian ini adalah usaha kecil yang berada di Kota Yogyakarta dengan total jumlah sampel 159 responden. Pengumpulan data dilakukan dengan menggunakan kuisioner. Seluruh data responden di analisis menggunakan teknik analisis regresi berganda jalur menggunakan program IBM SPSS Statistics 25. Hasil analisis menunjukan bahwa kompatibilitas, efektivitas biaya, kepercayaan dan interaktivitas berpengaruh positif dan signifikan terhadap penggunaan media sosial. Dampak dari penggunaan media sosial juga berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja non-keuangan.
Implementasi Technological Acceptance Model (TAM) terhadap Penggunaan Media Sosial oleh Usaha Kecil di Kota Yogyakarta Farachnanda, Fakhri Muhammad; Adristi, Fikri Irfan; Fajar, Rayhan Dwi
Indonesian Journal of Economics, Business, Accounting, and Management (IJEBAM) Vol 1 No 1 (2022): Volume 1, No. 1, 2022
Publisher : PT SOLUSI EDUKASI BERDIKARI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.63901/ijebam.v1i1.5

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi technological acceptance model (TAM) pada penggunaan media sosial oleh usaha kecil. Populasi dalam penelitian ini adalah usaha kecil yang berada di Kota Yogyakarta dengan sampel 159 responden. Pengumpulan data dilakukan dengan cara menyebar kuisioner kepada responden dan dianalisis dengan teknik analisis data regresi linier sederhana dan analisi regresi moderasi. Hasil penelitian ini adalah social influence berpengaruh signifikan terhadap perceived usefulness begitu juga perceived usefulness dengan niat keberlanjutan menggunakan terdapat pengaruh yang signifikan. Sedangkan social influence tidak berpengaruh signifikan terhadap niat keberlanjutan untuk menggunakan media sosial begitu juga dengan adanya penambahan variabel moderasi yaitu pengalaman menggunakan media sosial juga tidak terdapat pengaruh yang signifikan.
Anteseden Niat Melanggan Konsumen Fashion Muslim di Indonesia Savira, Lintang; Muslichah, Istyakara
Indonesian Journal of Economics, Business, Accounting, and Management (IJEBAM) Vol 1 No 2 (2022): Volume 1, No. 2, 2022
Publisher : PT SOLUSI EDUKASI BERDIKARI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.63901/ijebam.v1i2.6

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh yang ditimbulkan religiusitas, nilai yang dirasakan pelanggan, kepuasan pelanggan, dan niat melanggan pada busana fashion muslim. Penelitian ini menggunakan teknik purposive sampling dengan kriteria konsumen yang pernah membeli produk busana muslim di toko busana muslim di Indonesia baik offline maupun online. penelitian ini mendapatkan 150 responden dan data diolah dengan menggunakan metode Structural Equation Model (SEM) dengan menggunakan software Amos versi 22. Variabel yang digunakan dalam penelitian ini yaitu religiusitas, nilai yang dirasakan pelanggan, kepuasan pelanggan, dan niat melanggan. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa hubungan religiusitas dan niat melanggan ditemukan konsisten, yaitu positif dan signifikan. Penelitian ini diharapkan memberikan kesempatan yang lebih luas bagi peneliti untuk mengeksplorasi lebih banyak lagi hal-hal terkait Niat Melanggan, Nilai yang dirasakan pelanggan, Kepuasan Pelanggan, dan Religiusitas yang ada di Indonesia.
Pengaruh Total Quality Management terhadap Organizational Performance melalui Inovasi sebagai Variabel Mediasi (Studi Kasus Sentra UMKM Bakpia Yogyakarta) Naufal, Agus Raihan
Indonesian Journal of Economics, Business, Accounting, and Management (IJEBAM) Vol 1 No 2 (2022): Volume 1, No. 2, 2022
Publisher : PT SOLUSI EDUKASI BERDIKARI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.63901/ijebam.v1i2.8

Abstract

Penelitian ini dilakukan bertujuan untuk mengetahui pengaruh inovasi sebagai variabel mediasi terhadap hubungan antara total quality management dan organizational performance. Objek pada penelitian ini yakni Sentra UMKM Bakpia di Yogyakarta dengan total responden berjumlah 105. Penelitian ini menggunakan teknik analisis structural equation model (SEM) yang diolah dengan aplikasi SmartPLS sebagai media. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa total quality management memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap inovasi, lalu inovasi memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap organizational performance, kemudian total quality management memiliki pengaruh positif dan signifikan terhadap organizational performance, dan yang terakhir variabel inovasi memiliki pengaruh positif dan signifikan dalam memediasi hubungan antara total quality management dan organizational performance.
Analisis Faktor yang Mempengaruhi Minat Pembelian terhadap Smartphone di Yogyakarta Cholis, Herfino; Hasin, Al
Indonesian Journal of Economics, Business, Accounting, and Management (IJEBAM) Vol 1 No 2 (2022): Volume 1, No. 2, 2022
Publisher : PT SOLUSI EDUKASI BERDIKARI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.63901/ijebam.v1i2.9

Abstract

Penelitian ini bermaksud untuk menguji faktor-faktor yang mempengaruhi minat pembelian terhadap smartphone di Yogyakarta. Metodologi penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan teknik pengambilan sampel menggunakan convenience sampling. Populasi dalam penelitian ini merupakan mahasiswa di Yogyakarta dengan rentang usia 17 sampai dengan 50 tahun yang memiliki smartphone. Sampel penelitian ini berjumlah 150 responden dengan menyebarkan kuesioner serta model regresi linier berganda sebagai analisis data.  Hasil yang diperoleh pada penelitian ini mengungkapkan bahwa fitur produk berpengaruh terhadap minat pembelian pada smartphone, merek tidak berpengaruh terhadap minat pembelian pada smartphone, pengaruh sosial berpengaruh positif terhadap minat pembelian pada smartphone, dan harga berpengaruh terhadap minat pembelian pada smartphone.
Pengaruh Pemanfaatan Teknologi terhadap Kinerja Operasi dengan Inovasi Proses sebagai Mediator (Studi Pada UMKM Kerajinan Perak di Daerah Istimewa Yogyakarta) Putra, Deya Pratama; Nasito, Mochamad
Indonesian Journal of Economics, Business, Accounting, and Management (IJEBAM) Vol 1 No 2 (2022): Volume 1, No. 2, 2022
Publisher : PT SOLUSI EDUKASI BERDIKARI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.63901/ijebam.v1i2.10

Abstract

Penelitian ini bertujuan menganalisis pengaruh pemanfaatan teknologi terhadap kinerja operasi, menganalisis pengaruh inovasi proses pada kinerja operasi dan menganalisis pengaruh penggunaan teknologi terhadap inovasi proses dan menganalisis pengaruh pemanfaatan teknologi terhadap kinerja operasional melalui inovasi proses. Sampel pada penelitian ini adalah perusahaan kerajinan perak di Kecamatan Kotagede Yogyakarta yang berkatagori perusahaan mikro. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner dengan pengukuran skala likert. Metode analisis data menggunakan analisis jalur dengan analisis regresi sederhana dan analisis regresi linier berganda. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pemanfaatan teknologi berpengaruh positif signifikan terhadap kinerja operasi, inovasi proses berpengaruh positif signifikan terhadap kinerja operasi, pemanfaatan teknologi berpengaruh positif sgnifikan terhadap terhadap kinerja inovasi proses. Hasil analisis lainnya telah dipaparkan lebih lanjut dalam artikel ini.
Pengaruh Strategi Inovasi Masa Pandemi COVID-19 terhadap Kinerja Operasional Airku Kulonprogo Yogyakarta Anugrah, Anggiat
Indonesian Journal of Economics, Business, Accounting, and Management (IJEBAM) Vol 1 No 2 (2022): Volume 1, No. 2, 2022
Publisher : PT SOLUSI EDUKASI BERDIKARI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.63901/ijebam.v1i2.11

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah menganalisis pengaruh strategi inovasi saat pandemi Covid-19 terhadap kinerja operasional Airku Kulonprogo Yogyakarta. Penelitian ini mengambil sampel dengan teknik total sampling yaitu semua populasi dijadikan sebagai sampel. Metode penelitian menggunakan data primer yang diperoleh melalui penyebaran kuesioner. Variabel yang dianalisis dalam penelitian ini yaitu variabel bebas strategi inovasi, sedangkan variabel terikatnya adalah kinerja operasional. Berdasarkan hasil penelitian diperoleh hasil bahwa strategi inovasi berpengaruh positif dan signifikan terhadap kinerja operasional AirKu Kulonprogo. Semakin meningkat strategi inovasi maka dapat meningkatkan kinerja operasional. Hal ini ditunjukkan dengan koefisien regresi strategi inovasi sebesar 0,579 Pada taraf signifikansi (p) 0,000 < 0,05.

Page 1 of 11 | Total Record : 109