AL-ADABIYAH: Jurnal Pendidikan Agama Islam
Vol. 5 No. 2 (2024): AL-ADABIYAH: Jurnal Pendidikan Agama Islam

PENGARUH SELF EFFICACY DAN SELF ESTEEM TERHADAP HASIL BELAJAR PESERTA DIDIK PADA MATA PELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM DI SMA NEGERI 2 LUMAJANG

Suwari (Unknown)
Hidayah, Nur (Unknown)



Article Info

Publish Date
26 Aug 2024

Abstract

Sebuah pembelajaran dapat dikatakan berhasil ketika peserta didik dapat mencapai tujuan yang telah ditentukan. Namun, kondisi psikologis setiap orang tentu akan berdampak pada tindakannya dalam kehidupannya sehari-hari, termasuk dalam proses pembelajaran. Self Efficacy merupakan sebuah kepercayaan diri seseorang dalam menggapai tujuan tersebut. Sedangkan Self Esteem merupakan sebuah pandangan seseorang terhadap dirinya sendiri, baik dari segi kemampuan maupun rasa berharga yang ada dalam dirinya sendiri. Penelitian ini bertujuan untuk membahas: apakah terdapat pengaruh Self Efficacy terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran PAI di SMA Negeri 2 Lumajang? Dan apakah terdapat pengaruh Self Esteem terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran PAI di SMA Negeri 2 Lumajang? Dengan menggunakan metode kuantitatif-asosiatif, penelitian ini dapat mengetahui hubungan antara dua variabel atau lebih. Adapun instrumen pengumpulan data adalah melalui penyebaran kuesioner (angket) dan dokumentasi untuk memperoleh data primer. Sedangkan objek dari penelitian ini adalah siswa SMA Negeri 2 Lumajang pada kelas X dan kelas XI. Diperoleh model regresi: . Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh positif signifikan antara Self Efficacy dan Self Esteem secara simultan (bersama-sama) maupun secara parsial terhadap Hasil Belajar Peserta Didik SMA Negeri 2 Lumajang pada Mata pelajaran PAI. Self efficacy berkontribusi sebesar 14% dalam mempengaruhi hasil belajar peserta didik. Sementara Self Esteem berkontribusi sebesar 4,2% dalam mempengaruhi hasil belajar siswa. Meskipun demikian, dapat dipahami bahwa terdapat pengaruh positif yang signifikan antara Self Efficacy dan Self Esteem terhadap hasil belajar walau sifatnya lemah atau bernilai rendah.A learning process can be considered successful when students achieve the predetermined objectives. However, the psychological condition of each individual will certainly impact their actions in daily life, including in the learning process. Self-efficacy refers to an individual's confidence in achieving these goals, while self-esteem refers to a person's perception of themselves, both in terms of their abilities and the sense of worth they have within themselves. This study aims to examine: whether there is an influence of self-efficacy on student learning outcomes in Religious Education (PAI) at SMA Negeri 2 Lumajang? And whether there is an influence of self-esteem on student learning outcomes in Religious Education at SMA Negeri 2 Lumajang? Using a quantitative-associative method, this research can determine the relationship between two or more variables. The data collection instruments include distributing questionnaires (surveys) and documentation to obtain primary data. The research subjects are students of SMA Negeri 2 Lumajang in the 10th and 11th grades. The regression model obtained is; .  The results of the study indicate that there is a significant positive effect of both self-efficacy and self-esteem, either simultaneously (together) or partially, on student learning outcomes in Religious Education at SMA Negeri 2 Lumajang. Self-efficacy contributes 14% in influencing student learning outcomes, while self-esteem contributes 4.2%. However, it can be understood that there is a significant positive effect between self-efficacy and self-esteem on learning outcomes, even though the effect is relatively weak or of low value.  

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

adabiyah

Publisher

Subject

Religion Education Other

Description

AL-ADABIYAH: Jurnal Pendidikan Agama Islam is a peer-reviewed journal on Islamic education published by Faculty of Education and Teacher Training, Islamic State University of Kiai Haji Achmad Siddiq Jember. This journal focuses on advancing the science of Islamic Education through high-quality ...