Social, Humanities, and Educational Studies (SHEs): Conference Series
Vol 7, No 4 (2024): Social, Humanities, and Educational Studies (SHEs): Conference Series

Penerapan Model Pembelajaran Team Games Tournament (TGT) Sebagai Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas 2 SD Negeri Karangasem 4 Surakarta pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Materi Mengenal Perasaan

Deny Kurniadi Saputro (Unknown)
Erlina Meliyanti (Unknown)
Rusyda Nur Rahmawati (Unknown)
Suhartono Suhartono (Unknown)
Nurul Hidayah (Unknown)



Article Info

Publish Date
28 Dec 2024

Abstract

Maksud dari penelitian ini yaitu untuk mendeskripsikan peningkatan hasil belajar BahasaIndonesia peserta didik kelas 2 dengan implementasi model pembelajaran kooperatif Teams Game Tournament (TGT) di SD Negeri Karangasem 4 Surakarta semester I tahun ajaran 2024/2025. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilakukan dalam dua siklus. Subjek penelitian ini yaitu peserta didik kelas 2 SD Negeri Karangasem 4 yang berjumlah 21 anak. Data didapat dengan melakukan analisis pada hasil belajar kognitif peserta didik. Kriteria kesuksesan penelitian ditentukan oleh hasil belajar kognitif peserta didik yang mencapai KKM yaitu ≥ 75. Penelitian ini membuktikan bahwa hasil belajar Bahasa Indonesia dapat meningkat dengan pengimplementasian model pembelajaran TGT. Sebelum dilakukan tindakan, persentase ketuntasan hasil belajar sejumlah 14,28%, pada siklus I meningkat menjadi 61,91%, dan menjadi 95,24% pada siklus II. Dengan demikian, model TGT dapat meningkatkan hasil belajar Bahasa Indonesia peserta didik kelas 2 SD Negeri Karangasem 4 secara signifikan.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

SHES

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences

Description

Social, Humanities, and Educational Studies (SHEs): Conference Series is a peer-reviewed interdisciplinary journal with broad coverage, consolidate basic and applied research activities by publishing the proceedings of the conference in all areas of the social sciences, humanities and ...