Kalam Cendekia: Jurnal Ilmiah Kependidikan
Vol 13, No 1 (2025): Kalam Cendekia: Jurnal Ilmiah Kependidikan

Pengembangan Kompetensi Digital Guru dalam Implementasi Kurikulum Merdeka di Sekolah Dasar: Studi Kasus di SDN Bandung 1

Ida Triwahyuni (Universitas Pendidikan Indonesia)
Effy Mulyasari (Universitas Pendidikan Indonesia)
Deri Hendriawan (Universitas Pendidikan Indonesia)
Gita Novia (Universitas Pendidikan Indonesia)
Roaa Aldwaik (Yourmok Univercity)



Article Info

Publish Date
11 Apr 2025

Abstract

Menghadapi tantangan era digital dan implementasi Kurikulum Merdeka, pengembangan kompetensi digital guru di sekolah dasar menjadi krusial. Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi strategi peningkatan kompetensi digital guru di SDN Bandung 1, Kabupaten Serang. Penelitian menggunakan metode studi kasus kualitatif, dengan pengumpulan data melalui observasi, wawancara mendalam, dan analisis dokumentasi. Hasil menunjukkan pelatihan intensif berbasis teknologi, kolaborasi antar guru, serta integrasi teknologi ke dalam rencana pembelajaran meningkatkan kemampuan guru dalam merancang dan mengimplementasikan pembelajaran berbasis proyek yang interaktif. Tantangan seperti keterbatasan infrastruktur, akses internet yang buruk, dan minimnya waktu pelatihan tetap menjadi hambatan. Solusi yang diterapkan meliputi penyediaan perangkat teknologi, jadwal pelatihan fleksibel, dan dukungan teknis. Transformasi ini meningkatkan kualitas pembelajaran dan keterlibatan siswa. Kesimpulannya, penguatan infrastruktur dan pelatihan berkelanjutan diperlukan untuk mendukung inovasi pendidikan di masa depan.

Copyrights © 2025






Journal Info

Abbrev

jkc

Publisher

Subject

Education Languange, Linguistic, Communication & Media Mathematics Other

Description

Kalam Cendekia: Jurnal Ilmiah Kependidikan diterbitkan oleh FKIP Universitas Sebelas Maret pada tahun 2013. Bertujuan menjadi salah satu pusat publikasi ilmiah artikel yang fokus pada pendidikan dan pengajaran yang meliputi: inovasi pembelajaran, pengembangan kurikulum, teknologi pendidikan, ...