Edumath
Vol 16 No 2 (2024): Edumath Volume 17 Nomor 2 Mei 2024

Analisis Kesalahan Siswa Kelas VII dalam Menyelesaikan Soal Cerita Berdasarkan Gaya Kognitif

Noor Fikrati, Ama (Unknown)
Puji Rahayu, Mita (Unknown)
Noer Qomarijah, Oemi (Unknown)



Article Info

Publish Date
29 Jul 2024

Abstract

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan jenis kesalahan siswa field independent (FI) dan Field Dependent (FD) dalam menyelesaikan soal cerita matematika materi operasi hitung bilangan bulat. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Subjek dari penelitian ini adalah siswa kelas VII MTs Negeri 1 Jombang sebanyak 2 siswa, masing-masing siswa bergaya kognitif Field Independent (FI) dan Field Dependent (FD). Metode pengumpulan data pada penelitian ini menggunakan metode tes uraian dan wawancara dengan instrument pertama adalah peneliti sendiri sedangkan untuk instrument pendukung menggunakan tes Group Embedded Figure Test (GEFT). Hasil dari penelitian ini bahwa jenis kesalahan siswa dalam menyelesaikan soal cerita operasi hitung bilangan bulat yaitu siswa bergaya kognitif Field Independent (FI) mengalami 2 jenis kesalahan diantaranya kesalahan siswa dalam memahami soal (Comprehension Error) dan kesalahan siswa dalam menuliskan jawaban akhir (Encoding Error). Sedangkan siswa bergaya kognitif Field Dependent (FD) mengalami 3 jenis kesalahan diantaranya kesalahan siswa dalam transformasi soal (Transformation Error), keterampilan proses (Process Skill Error) serta menuliskan jawaban akhir (Encoding Error).

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

edumath

Publisher

Subject

Education Mathematics Social Sciences

Description

Artikel yang dimuat dalam jurnal "Edumath" meliputi naskah tentang hasil-hasil penelitian yang dilakukan oleh Dosen, Guru atau mahasiswa dibidang pendidikan matematika atau matematika, penelitian matematika murni, penelitian aplikasi matematika dalam kehidupan sehari hari dan penelitian literature ...