Edumath
Vol 16 No 3 (2024): Edumath Volume 18 Nomor 1 Agustus 2024

ANALISIS KOMUNIKASI MATEMATIKA GURU DALAM MENJELASKAN MATERI PELAJARAN

Umami, Rohmatul (Unknown)



Article Info

Publish Date
10 Aug 2024

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh profil komunikasi matematika guru dalam menjelaskan materi pelajaran. Jenis penelitian adalah kualitatif. Subjek penelitian adalah guru pemula matematika SMA kelas X IPS (yaitu guru dengan pengalaman mengajar selama 1 sampai 5 tahun). Data dikumpulkan dengan metode observasi terhadap komunikasi matematika guru dalam menjelaskan materi pelajaran di kelas dimana materi yang dimaksud adalah aturan sinus, dilanjutkan wawancara secara mendalam. Hasil penelitian menunjukkan bahwa komunikasi matematika guru pemula dalam menjelaskan materi pelajaran adalah berdasarkan hasil observasi dan wawancara secara mendalam, guru pemula menjelaskan materi pelajaran secara sistematis, lengkap, lancar dan terpusat. Yaitu, memulai menjelaskan materi dengan mengingatkan siswa akan materi yang telah dipelajari yang masih berkaitan dengan materi yang akan dibahas, menyampaikan tujuan pembelajaran dan menjelaskan materi pokok. Penjelasan dilengkapi dengan informasi-informasi yang terkait, memusatkan perhatian siswa pada materi dengan bertanya mengenai hal-hal yang berkaitan dengan materi dan penjelasan disampaikan tanpa menggunakan istilah-istilah yang meragukan. Hasil penelitian ini membuktikan bahwa ada beberapa guru sekolah menengah atas yang masih menggunakan bahasa yang kurang akurat dalam menjelaskan materi

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

edumath

Publisher

Subject

Education Mathematics Social Sciences

Description

Artikel yang dimuat dalam jurnal "Edumath" meliputi naskah tentang hasil-hasil penelitian yang dilakukan oleh Dosen, Guru atau mahasiswa dibidang pendidikan matematika atau matematika, penelitian matematika murni, penelitian aplikasi matematika dalam kehidupan sehari hari dan penelitian literature ...