Edumath
Vol 15 No 2 (2023): Edumath Volume 15 Nomor 2 Mei 2023

ANALISIS KEMAMPUAN SISWA DALAM MENYELESAIKAN SOAL MODEL PISA LEVEL 5 DITINJAU GAYA KOGNITIF

Windy Tasya Ameliana (Unknown)



Article Info

Publish Date
17 Apr 2025

Abstract

Rendahnya Capaian PISA 2018 menunjukkan, Indonesia menduduki posisi 10 terbawah dari 79 negara yang berpartisipasi. Siswa Indonesia masih kesulitan dalam menyelesaiakn soal PISA pada level tinggi di mana dalam menyelesaikan soal membutuhkan konseptualisasi dan generalisasi dalam berpikir dan bernalar secara matematis. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan siswa dalam menyelesaikan soal model PISA level 5 ditinjau dari gaya kognitif. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan subjek penelitian adalah siswa kelas VII SMPN 2 Peterongan semester genap tahun ajaran 2021/2022. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah Group Embedded Figure Test (GEFT), tes uraian model PISA level 5, dan wawancara. Hasil penelitian ini menunjukkan siswa dengan gaya kognitif field independent mampu memenuhi empat indikator yaitu Mengembangkan model situasi yang kompleks dan menggunakannya serta mengidentifikasi kendala-kendala dan asumsi asumsi. Memilih, membandingkan dan mengevaluasi strategi penyelesaian masalah yang berkaitan dengan model. Bekerja secara strategis dengan menggunakan pemikiran dan penalaran yang baik. Melakukan refleksi dari apa yang mereka kerjakan dan mengkomunikasikan interpretasi dan penalarannya. sedangkan siswa dengan gaya kognitif field dependent hanya mampu memenuhi dua indikator yaitu Mengembangkan model situasi yang kompleks dan menggunakannya serta mengidentifikasi kendala-kendala dan asumsi asumsi. Memilih, membandingkan dan mengevaluasi strategi penyelesaian masalah yang berkaitan dengan model

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

edumath

Publisher

Subject

Education Mathematics Social Sciences

Description

Artikel yang dimuat dalam jurnal "Edumath" meliputi naskah tentang hasil-hasil penelitian yang dilakukan oleh Dosen, Guru atau mahasiswa dibidang pendidikan matematika atau matematika, penelitian matematika murni, penelitian aplikasi matematika dalam kehidupan sehari hari dan penelitian literature ...