Problem based learning adalah suatu strategi pembelajaran yang menggunakan masalah sebagai stimulus untuk  menemukan atau mendapatkan informasi yang diperlukan untuk memahami dan mencari solusinya. Masih banyak penelitian tentang kemampaun berpikir kritis matematis siswa yang disajikan dalam bentuk literatur dengan menggunakan model Problem-Based Learning (PBL). Ada banyak laporan dalam literatur dengan hasil yang berbeda. Tujuan penelitian ini untuk menganalisis penelitian- penelitian sebelumnya yang di publikasi sehingga mendapatkan sebuah rangkuman terkait keberhasilan penelitian Problem Based Learning terhadap kemampuan berpikir kritis dalam pembelajran matematika. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah meta analisis secara analisis deskriptif kualitatif, yaitu dengan menganalisis kembali artikel dari hasil penelitian yang telah dipublikasikan. Populasi dari penelitian ini adalah 10 artikel dengan jenjang Pendidikan Sekolah Dasar sebanyak 2 artikel, Sekolah Menengah Pertama sebanyak 7 artikel, Sekolah Menengah Atas sebanyak 1 artikel yang terdapat pada jurnal Pendidikan matematika. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah non tes dengan cara menelusuri artikel yang terdapat dalam jurnal online dengan menggunakan Google Cendekia atau Google Schoolar. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah Effect Size. Hasil penelitian meta analisis menunjukkan bahwa model pembelajaran Problem Based Learning, terhadap kemampuan berpikir kritis siswa memiliki Effect Size dengan kriteria tinggi.
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2024