Journal of Development Education and Learning
Vol. 2 No. 2 (2024): May 2024

Analisis Kesulitan Belajar Matematika kelas IV Materi Bangun Datar SD Negeri 013 Genduang

Putra, muhammad (Unknown)
Rismayeni, Hapsari (Unknown)
Pudiyanto, Pudiyanto (Unknown)
Fitri, Fitri (Unknown)
Suryati, Erita (Unknown)



Article Info

Publish Date
02 May 2024

Abstract

Pembelajaran matematika materi bangun datar pada siswa SD Negeri 013 Genduang oleh guru disajikan kurang urut dalam memberikan konsep sehingga membuat siswa kebingungan dan banyak mengalami kesalahan dalam pemebelajaran matematika. Penelitian ini bertujuan untuk mengungkapkan Jenis kesulitan dialami dan menjelaskan kesulitan belajar matematika yang dialami siswa kelas IV SD Negeri 013 Genduang. Penelitian ini mengunakan metode deskriptif analitik dengan pendekatan kualitatif. Subjek dalam penelitian terdiri dari seluruh siswa kelas IV SD Negeri 013 Genduang. Penentuan subjek dalam penelitian ini menggunakan cara purpose sampling. Teknik pengumpulan data yaitu dengan cara tes esai dan wawancara. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu reduksi data, penyajian data, dan terakhir penerikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukan kesulitan belajar matematika yang dialami siswa kelas IV SD Negeri 013 Genduang adalah gangguan hubungan keruangan, abnormalitas presepsi visual, asosiasi visual motor, kesulitan mengunakan simbol, kesulitan dalam bahasa dan membaca. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan 5 orang siswa mengalami gangguan hubungan keruangan, 4 orang siswa mengalami gangguan abnormalitas presepsi visual, 5 orang siswa mengalami abnormalitas presepsi visual, 3 orang siswa mengalami kesulitan memahimi simbol, dan 2 orang siswa kesulitan dalam bahasa dan membaca.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

jodel

Publisher

Subject

Education

Description

Journal of Development Education and Learning and Learning (Jodel) is an electronic journal which contains the results of research and literature studies related to the field of education, including; regulation of education, learning activities, learning strategies, teacher professionalism, ...