CONSISTAN : Jurnal Tadris Matematika
Vol 1 No 02 (2023): Consistan : Jurnal Tadris Matematika

Analisis Kemampuan Berpikir Kreatif Dalam Menyelesaikan Soal Open Ended Trigonometri

Nurma Rifanti, Dania (Unknown)
Oktaviana Putri, Anggita (Unknown)



Article Info

Publish Date
04 Jan 2024

Abstract

Kemampuan berpikir kreatif merupakan kemampuan yang harus dimiliki setiap siswa untuk dapat menganalisa persoalan matematika dari sudut pandang yang berbeda. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan kemampuan berpikir kreatif siswa. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Populasi penelitian ini sebanyak 27 siswa kelas X SMK NU Sunan Ampel Poncokusumo tahun pelajaran 2022/2023. Pemilihan subjek menggunakan purposive sampling dari hasil tes kemampuan berpikir kreatif matematis sebanyak 3 subjek. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini menggunakan tes dan wawancara. Jawaban tes siswa dianalisis menggunakan indikator kelancaran, flexibilitas, originalitas dan elaborasi. Kemudian dikategorikan berdasarkan tingkat kategori berpikir kreatif. Hasil penelitian adalah 1) Penilaian tes siswa hanya memenuhi 3 tingkat kategori berpikir kreatif yaitu kreatif, cukup kreatif, dan kurang kreatif. 2) Subjek dengan tingkat kategori kemampuan “kreatif” teridentifikasi memenuhi indikator fleksibilitas dan originalitas dengan baik. Subjek dengan tingkat kategori kemampuan “cukup kreatif” teridentifikasi memenuhi indikator kelancaran dan elaborasi dengan baik. Terakhir subjek dengan tingkat kategori kemampuan “kurang kreatif” teridentifikasi hanya memenuhi indikator originalitas dengan baik. Ketiga subjek yang terpilih belum ada yang memenuhi keempat indikator berpikir kreatif.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

CONSISTAN

Publisher

Subject

Mathematics

Description

Consistan, Jurnal Tadris Matematika, sebuah jurnal internasional elektronik, menyediakan forum untuk menerbitkan artikel penelitian asli, artikel review dari pakar yang diundang, dan berita teknologi baru yang terkait dengan pendidikan matematika. Jurnal ini dirancang dan dikhususkan tidak hanya ...