cover
Contact Name
Ucik Fitri Handayani
Contact Email
ucik@alqolam.ac.id
Phone
+6285608359756
Journal Mail Official
ucik@alqolam.ac.id
Editorial Address
Perum BTU Blok KR 27 No 23, Kedung kandang, Malang, Jawa Timur
Location
Kota malang,
Jawa timur
INDONESIA
CONSISTAN : Jurnal Tadris Matematika
Published by Universitas Al-Qolam
ISSN : -     EISSN : 30250943     DOI : https://doi.org/10.35897/consistan.v2i02.1685
Core Subject : Education,
Consistan, Jurnal Tadris Matematika, sebuah jurnal internasional elektronik, menyediakan forum untuk menerbitkan artikel penelitian asli, artikel review dari pakar yang diundang, dan berita teknologi baru yang terkait dengan pendidikan matematika. Jurnal ini dirancang dan dikhususkan tidak hanya untuk anggota Indonesian Mathematics Society (IndoMS) tetapi juga untuk dosen, peneliti, guru sekolah matematika, pendidik guru, mahasiswa (S2 dan S3) yang ingin mempublikasikan laporan penelitian atau artikel tinjauan pustaka mereka (hanya untuk kontributor yang diundang), dan komunikasi singkat tentang pendidikan matematika dan instruksionalnya. Selain penulis reguler, untuk setiap volume, isinya akan disumbangkan oleh para kontributor yang diundang yang ahli dalam pendidikan matematika baik dari Indonesia maupun luar negeri. Jurnal mengundang artikel penelitian asli dan tidak secara bersamaan dikirim ke jurnal atau konferensi lain. Seluruh spektrum penelitian dalam pendidikan matematika dipersilakan, yang meliputi, namun tidak terbatas pada topik-topik berikut: Belajar dan pembelajaran matematika Asesmen pembelajaran matematika Pengembangan model, media, dan bahan ajar matematika Kemampuan dan proses berpikir matematika Teknologi dalam pengajaran dan pembelajaran matematika Kurikulum Pendidikan Matematika Pengembangan kompetensi guru matematika Etnomatematika Integrasi matematika dan nilai islam Dan berbagai topik dalam bidang pendidikan matematika
Articles 50 Documents
Eksperimentasi Model Pembelajaran STEM (Science, Technology, Engineering, and Mathematics) Terhadap Kemampuan Pemahaman Konsep Matematika Pada Materi Statistika Di Kelas VIII SMP Negeri 2 Mejobo Kudus Sari, Eva Nur Indah; Fakhri Auliya, Nanang Nabhar
CONSISTAN (Jurnal Tadris Matematika) Vol 1 No 01 (2023): Consistan : Jurnal Tadris Matematika
Publisher : Program Studi Tadris Matematika Fakultas Tarbiyah Institut Agama Islam Al-Qolam Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35897/consistan.v1i01.1018

Abstract

Tujuan dari riset ini yaitu untuk menentukan model mana yang lebih baik jika dibandingkan dengan model pembelajaran STEM atau model pembelajaran langsung terhadap kemampuan pemahaman konsep matematika. Pendekatan yang ada pada riset yaitu kuantitatif dengan jenis penelitiannya yaitu Quasi Experiment Design, yang menjadi populasi pada riset ini yaitu keseluruhan dari peserta didik kelas VIII SMP Negeri 2 Mejobo pada tahun akademik 2022/2023. Metode cluster random sampling digunakan untuk memilih sampel; dari riset ini, dua kelas dipilih: kelas VIII E sebagai kelas eksperimen dan kelas VIII F sebagai kelas kontrol. Metode yang digunakan guna mengumpulkan data pada riset ini memakai instrumen tes. Setelah data diperoleh, analisis dilakukan menggunakan uji independent sample t-test dengan memanfaatkan program SPSS 25. Setelah siswa dikenai model STEM, sudah jelas bahwa ada perbedaan yang signifikan setelah siswa diterapkan model STEM. Melalui uji t-test independent, keputusan  ditolak sebab nilai  7,227 >  = 2,002. Sehingga, berdasarkan kemampuan peserta didik untuk memahami konsep matematika, kelas eksperimen yang menggunakan model STEM lebih baik dari pada kelas kontrol yang menggunkan model langsung.
Pengaruh Penggunaan Roda Integral Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas XI di MA Mambaul Ulum Banjarejo Handayani, Ucik Fitri; Anggraini, Lailatul
CONSISTAN (Jurnal Tadris Matematika) Vol 1 No 01 (2023): Consistan : Jurnal Tadris Matematika
Publisher : Program Studi Tadris Matematika Fakultas Tarbiyah Institut Agama Islam Al-Qolam Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35897/consistan.v1i01.1036

Abstract

Matematika diketahui sebagai mata pelajaran yang mayoritas siswa merasa kesulitan dalam mempelajarinya. Alat peraga matematika diharapkan bisa membantu siswa dalam memahami materi. Tujuan riset ini untuk mengetahui pengaruh penggunaan roda integral terhadap hasil belajar matematika siswa kelas XI di MA Mambaul Ulum Banjarejo. Riset ini menggunakan kuantitatif dengan desain quasi-experimental. Penelitian dilakukan pada 74 siswa dari dua kelas yakni kelas XI B dan XI C. Metode pengumpulan data dilakukan dengan memberikan tes materi integral. Hasil penelitian dengan menggunakan uji regresi linear sederhana diperoleh nilai sig sebesar 0,039 < 0,005 yang berarti bahwa terdapat pengaruh penggunaan roda integral terhadap hasil belajar siswa kelas XI di MA Mambaul Ulum Banjarejo.
Pengaruh Penggunaan Media Power Point Dalam Pembelajaran Matematika Terhadap Prestasi Belajar Siswa Kelas XI APHP Handayani, Ucik Fitri; Rosidah, Kholifatur
CONSISTAN (Jurnal Tadris Matematika) Vol 1 No 01 (2023): Consistan : Jurnal Tadris Matematika
Publisher : Program Studi Tadris Matematika Fakultas Tarbiyah Institut Agama Islam Al-Qolam Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35897/consistan.v1i01.1037

Abstract

Pada pembelajaran matematika hasil belajar siswa kurang optimal, yang berdampak pula pada prestasi belajar siswa. Adanya media pembelajaran yang digunakan diharapkan dapat menambah motivasi siswa dalam proses belajar. Media yang bisa digunakan yakni dengan memanfaatkan power point. Tujuan dari penelitian yakni untuk mengetahui pengaruh dan perbedaan penggunaan media PowerPoint terhadap prestasi belajar siswa kelas XI APHP di SMK NU Sunan Ampel Poncokusumo. Terdapat dua kelas yang digunakan yakni XI APHP 1 sebanyak 25 siswa sebagai kelas eksperimen dan XI APHP 2 sebanyak 30 siswa sebagai kelas kontrol. Penggalian data menggunakan observasi dan tes. Analisis data menggunakan uji independent sampel T-test. Hasil penelitian diperoleh nilai signifikansi 0,001 < 0,05, yang artinya bahwa terdapat pengaruh penggunaan media PowerPoint terhadap prestasi belajar matematika siswa, yang dimana kelas dengan pembelajaran menggunakan media PowerPoint prestasi belajarnya lebih baik daripada pembelajaran yang tidak menggunakan media PowerPoint.
Pengembangan Soal AKM Numerasi Untuk Peserta Didik Tingkat SMA Septia, Tika; v, Davix; Shofi Sulthoni, Annanda; Anggraini, Lailatul
CONSISTAN (Jurnal Tadris Matematika) Vol 1 No 01 (2023): Consistan : Jurnal Tadris Matematika
Publisher : Program Studi Tadris Matematika Fakultas Tarbiyah Institut Agama Islam Al-Qolam Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35897/consistan.v1i01.1047

Abstract

Hasil yang diperoleh dari pengamatan soal model AKM yang masuk dalam kategori valid bertujuan meningkatkan kefahaman ataupun pengetahuan peserta didik terhadap soal model AKM. Penelitian yang kami lakukakn ini adalah penelitian pengembangan atau penelitian pengembangan yang dilakukan dengan model pengembangan ADDIE yang terdiri dari (Analisis, Desain, Pengembangan, Implementasi, Evaluasi). Namun, pada penelitian kali ini hanya diulas sampai tahap pengembangan karena hanya menginginkan produk yang valid. Penelitian ini dilakukan di MA Mambaul Ulum. Instrumen pencarian data dengan cara wawancara dengan guru matematika serta beberapa peserta didik dengan pengamatan. Pengembangan soal ini dilaksanakan melalui cara mengamati beberapa ketentuan, kemudian hasil kajian tersebut menjelaskan bahwasanya soal yang dikembangkan termasuk dalam golongan valid berasaskan musyawarah oleh ahli validasi mengenai aspek materi, konstruksi serta kebahasaan. Dari penjelasan di atas kesimpulan bahwa soal model AKM dapat dikatakan valid baik dari segi isi maupun konstruknya.
Penerapan Media Kopi Ulat dalam Pembelajaran Matematika Materi Penjumlahan dan Pengurangan Bilangan Bulat Awantagusnik, Annafi; Azzahro', Qissiisiina
CONSISTAN (Jurnal Tadris Matematika) Vol 1 No 01 (2023): Consistan : Jurnal Tadris Matematika
Publisher : Program Studi Tadris Matematika Fakultas Tarbiyah Institut Agama Islam Al-Qolam Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35897/consistan.v1i01.1050

Abstract

Pandemi COVID-19, menyebabkan  penurunan pembelajaran yang signifikan khususnya pada mata pelajaran matematika. Kegiatan belajar mengajar memerlukan media pendidikan yang dapat membangkitkan perhatian dan ketertarikan siswa terhadap materi. Berdasarkan hal tersebut, penting untuk mengamati pengaruh penggunaan media terhadap pembelajaran matematika terutama pada materi penjumlahan dan pengurangan operasi bilangan bulat. Kalkulator operasi bilangan bulat (Kopi Ulat) adalah salah satu alat pembelajaran matematika yang dapat digunakan dalam materi operasi penjumlahan dan pengurangan pada bilangan bulat. Dengan memanfaatkan Kopi Ulat, siswa mendapatkan pengalaman langsung dalam menjumlahkan dan mengurangkan bilangan bulat kecil. Penelitian ini bertujuan untuk melihat pengaruh penggunaan Kopi Ulat pada hasil belajar. Penelitian ini dilakukan pada siswa kelas 4 SD Negeri 04 Segaran sebanyak 19 siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan Kopi Ulat dalam pembelajaran matematika di kelas mampu meningkatkan hasil belajar operasi penjumlahan dan pengurangan operasi bilangan bulat. Hal ini dibuktikan dengan naiknya persentase ketuntasan siswa. Melalui media Kopi ulat, siswa juga mampu merumuskan langkah-langkah operasi penjumlahan dan pengurangan bilangan bulat, mampu membedakan  bilangan positif maupun negatif, serta lebih mudah dalam menyelesaikan soal.
Eksperimentasi Model Pembelajaran AIR (Auditory Intellectually Repetition) Terhadap Kemampuan Pemecahan Masalah Soal HOTS Pada Materi Statistika Siswa Kelas VIII SMP Negeri 3 Lasem Sinta, Pricilia; Fakhri Auliya, Nanang Nabhar
CONSISTAN (Jurnal Tadris Matematika) Vol 1 No 01 (2023): Consistan : Jurnal Tadris Matematika
Publisher : Program Studi Tadris Matematika Fakultas Tarbiyah Institut Agama Islam Al-Qolam Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35897/consistan.v1i01.1055

Abstract

Riset ini memiliki tujuan untuk membandingkan lebih baik mana antara model pembelajaran AIR dan model pembelajaran langsung terhadap kemampuan pemecahan masalah soal HOTS. Riset ini menggunakan jenis Quasi Eksperimental Design dengan kuantitatif sebagai pendekatannya. Lima soal HOTS statistika sebagai instrument tes yang digunakan untuk mengumpulkan data. Keseluruh siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Lasem tahun ajaran 2022/2023 menjadi populasi riset ini. Dengan teknik cluster random sampling sebagai pengambilan sampelnya, kelas VIII A dipilih sebagai kelas eksperimen, dan kelas VIII B sebagai kelas kontrol. Hasil dari penelitian memperlihatkan, rata-rata postest kelas eksperimen 79,12 dan kelas kontrol 60,06. Berlandaskan hasil independent sample test diperoleh  > 1,99656, maka simpulannya kelas eksperimen dengan model AIR lebih baik daripada kelas kontrol dengan model langsung pada materi statistika siswa kelas VIII SMP Negeri 3 Lasem ditinjau dari kemampuan pemecahan masalah soal HOTS.
Analisis Kecerdasan Logis - Matematis Siswa dalam Mengerjakan Soal HOTS pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar kelas VIII Wahyu, Rahma; septia, tika; Romadhon, Wahid
CONSISTAN (Jurnal Tadris Matematika) Vol 1 No 01 (2023): Consistan : Jurnal Tadris Matematika
Publisher : Program Studi Tadris Matematika Fakultas Tarbiyah Institut Agama Islam Al-Qolam Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35897/consistan.v1i01.1062

Abstract

Penelitian ini berupaya menjelaskan kecerdasan logika logis siswa saat mengerjakan soal HOTS pada materi bangun ruang kelas VIII. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan jenis deskriptif. Sumber data dalam penelitian ini adalah siswa kelas VIII sebanyak 17 orang. Pengumpulan data menggunakan tes kemampuan menyelesaikan soal-soal HOTS, dan wawancara dengan pengajar mata pelajaran. Hasil penelitian ini mengungkapkan bahwa gambaran kecerdasan logika matematis siswa dalam menyelesaikan soal HOTS pada materi bangun ruang kelas VIII dikategorikan menjadi 4 kategori yaitu tinggi, sedang, rendah, dan sangat rendah.
Pengembangan LKPD dengan Pendekatan Realistik dalam Mengintegrasikan Nilai Keislaman pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar Kelas VIII Fitrianingsih, Nor; Fakhri Auliya, Nanang Nabhar
CONSISTAN (Jurnal Tadris Matematika) Vol 1 No 01 (2023): Consistan : Jurnal Tadris Matematika
Publisher : Program Studi Tadris Matematika Fakultas Tarbiyah Institut Agama Islam Al-Qolam Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35897/consistan.v1i01.1066

Abstract

Penelitian ini didasarkan pada permasalahan siswa yang masih rendah pemahaman realistik matematika dan nilai keagamaan yang banyak dikaitkan. Sehingga penelitian ini bertujuan memaksimalkan proses pembelajaran serta mengetahui pengembangan dan kelayakan media pembelajaran LKPD dengan pendekatan realistik dan terintegrasi nilai keislaman. Jenis penelitian ini menggunakan model pengembangan ADDIE yang terdiri dari 5 tahapan: Analysis (analisis), Desain (perancangan), Development (pengembangan), Implementation (implementasi), dan Evaluation (evaluasi). Tahapan dimulai dari analisis masalah, mendesain media, pengembangan (validasi produk), implementasi (uji coba), dan evaluasi. Hasil validasi ahli materi dan media yaitu mendapat jumlah skor 175 dengan rerata 87,5 dan jumlah skor 187 dengan rerata 93,5, termasuk kategori “sangat layak” dengan rentang skor  > 79,995. Kemudian dilakukan revisi tahap 1 dan uji coba kepada siswa dengan skala kecil dan besar. Hasil uji coba skala kecil dan besar adalah dengan jumlah skor 454 dan 2520, rerata 90,8 dan 90 termasuk kategori “sangat layak” dengan rentang skor  > 79,995. Kesimpulan hasil penelitian tersebut yaitu media LKPD tersebut dapat dinyatakan layak untuk digunakan.
Pengaruh Kooperatif Tipe Teams Games Tournament Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa Kelas V Ningrum, Mardhiyanti; Auza'i Aqib, Muhammad
CONSISTAN (Jurnal Tadris Matematika) Vol 1 No 01 (2023): Consistan : Jurnal Tadris Matematika
Publisher : Program Studi Tadris Matematika Fakultas Tarbiyah Institut Agama Islam Al-Qolam Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35897/consistan.v1i01.1080

Abstract

Model pembelajaran materi matematika sangat diperlukan untuk merangsang dan memotivasi siswa supaya aktif belajar serta memudahkan materi yang diterima. Model pembelajaran yang berpusat kepada guru/ teacher center menjadikan siswa menjadi objek dimana siswa cenderung pasif dalam kegiatan pembelajaran. Perlu adanya model pembelajaran yang berpusat kepada siswa yang salah satunya adalah model pembelajaran Kooperatif tipe Teams Games Tournament/ TGT. Adapun tujuan dalam penelitian ini adalah (1) Mendeskripsikan hasil belajar Matematika siswa kelas V sebelum dan sesudah menggunakan pembelajaran kooperatif tipe team games tournament (TGT) di MI Sunan Ampel Wonorejo Pagu Kediri, (2) Mendeskripsikan pengaruh pembelajaran kooperatif tipe teams games tournament (TGT) terhadap hasil belajar Matematika kelas V di MI Sunan Ampel Wonorejo Pagu Kediri. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah eksperimen dengan pendekatan kuantitatif. Eksperimen menggunakan kelas kontrol dan kelas eksperimen yang mana subjek penelitian adalah siswa kelas V berjumlah 36 siswa. Instrumen yang digunakan adalah tes tulis dengan total 20 soal, terdiri dari 10 soal tipe pilihan ganda, 5 isian singkat. Dan 5 uraian. Data dikumpulkan dengan menggunakan dokumentasi, observasi, dan tes. Adapun analisis menggunakan statistik parametrik melalui uji paired sample t-test dan uji f stimultan. Diperoleh bahwa rata-rata nilai siswa sebelum TGT yaitu 68,52 sedangkan setelah dilakukan TGT memiliki skor 77,08. Untuk hasil uji t menunjukkan bahwa nilai sig. <0,05 yang mengindikasikan terdapat pengaruh TGT terhadap hasil belajar matematika. Sedangkan uji f menunjukkan nilai 4,130 yang mengindikasikan TGT berpengaruh secara signifikan terhadap hasil belajar matematika siswa keals V.
Analisis Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa dalam Menyelesaikan Soal Barisan dan Deret Ditinjau dari Gaya Belajar Ayu Yulia, Novi; Denny Pratama, Loviga; Lestari, Wahyu
CONSISTAN (Jurnal Tadris Matematika) Vol 1 No 01 (2023): Consistan : Jurnal Tadris Matematika
Publisher : Program Studi Tadris Matematika Fakultas Tarbiyah Institut Agama Islam Al-Qolam Malang

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.35897/consistan.v1i01.1081

Abstract

Dalam dunia pendidikan, pembelajaran matematika merupakan salah satu pembelajaran yang memegang peranan penting. Salah satu faktor yang dapat mempengaruhi dalam pembelajaran matematika adalah kemampuan komunikasi matematis. Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui kemampuan komunikasi matematis siswa ditinjau dari gaya belajar visual, auditorial, dan kinestetik. Materi yang digunakan adalah barisan dan deret. Penelitian ini merupakan penelitian deskriptif kualitatif. Instrumen yang digunakan adalah instrumen tes tentang kemampuan komunikasi matematis, angket gaya belajar, dan wawancara. Subjek pada penelitian ini adalah siswa kelas XI IPS MA Sirajut Thalibin yang berjumlah 15 siswa. Hasil dari penelitian membuktikan bahwa siswa dengan gaya belajar visual memiliki kemampuan komunikasi yang lebih baik dibandingkan siswa dengan gaya belajar auditorial dan gaya belajar kinestetik. Hasil tes menunjukkan bahwa siswa yang memiliki gaya belajar visual cenderung mengungkapkan ide-ide matematis, dapat lebih mudah memahami, menafsirkan, mengevaluasi, dan memakai istilah lambang matematika dibandingkan siswa dengan gaya belajar kinestetik dan auditorial.