Jurnal Pendidikan Dasar
Vol. 5 No. 2 (2023): Desember 2023

Evaluasi Penggunaan Teknik Penilaian Non-Tes dalam Mengukur Perkembangan Ranah Afektif dan Psikomotorik Siswa dalam Pembelajaran IPA di SDN 24 Kendari

Susilawati, Susilawati (Unknown)



Article Info

Publish Date
12 Dec 2023

Abstract

Tujuan penelitian ini untuk mengevaluasi penggunaan teknik penilaian non-tes, khususnya observasi dan penilaian kinerja, dalam mengukur perkembangan ranah afektif dan psikomotorik siswa kelas VI pada pembelajaran IPA di SDN 24 Kendari. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Metode campuran yang melibatkan Metode kualitatif dan kuantitatif. Hasil yang diperoleh menunjukkan bahwa penerapan penilaian non-tes secara sistematis dan terencana berdampak positif terhadap sikap dan keterampilan siswa. Ranah afektif siswa mengalami peningkatan, terlihat dari membaiknya indikator-indikator seperti rasa ingin tahu, kerjasama, disiplin, tanggung jawab, dan minat belajar. Siswa menjadi lebih aktif, antusias, dan menunjukkan perilaku yang mendukung proses pembelajaran. Ranah psikomotorik juga meningkat signifikan; siswa lebih terampil dalam melakukan percobaan IPA, lebih teliti, dan percaya diri dalam menyajikan hasil. Peningkatan ini dibuktikan baik melalui data kuantitatif (kenaikan skor penilaian) maupun kualitatif (observasi dan pengakuan siswa serta guru).

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

Misool

Publisher

Subject

Education Social Sciences Other

Description

Misool: Jurnal Pendidikan Dasar terbit dua kali setahun pada bulan Juli dan Desember dengan e-ISSN 2964-691X. Jurnal Misool diterbitkan oleh Program Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah IAIN Sorong dengan Ruang lingkup Jurnal adalah: Pengembangan Kurikulum Pendidikan Dasar Pembelajaran Matematika, ...