Secara umum pembeljaran kelas 4 di MI Manarul Huda Sukoanyar Wajak Pada umumnya siswa juga cenderung pasif kurang aktif dalam pembelajaran hanya menerima apa yang di sampaikan guru tanpa bisa mengeluarkan pendapat, bertanya, serta menjawab pertanyaan. Jika guru mengajukan pertanyaan, siswa tidak berani menjawab, Jika ada kendala siswa tidak berani bertanya. Adapun rumusan masalah dalam penelitian ini adalah (1) Bagaimanakah penerapan metode pembelajaran kooperatif tipe STAD terhadap siswa kelas IV di MI Manarul Huda pada penguasaan materi “Mahluk Hidup” (2) Bagaimana peningkatan aktivitasbelajar siswa dalam menggunakan metode pembelajaran kooperarif tipe STAD dalam materi “Mahluk Hidup” Jenis Penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK). Adapun Model PTK yang dipakai yaitu model kemmis dan tagart, peneliti melakukan dua siklus yaitu siklus I dan Siklus II. Hasil penelitihan Dapat diketahui bahwa hasil belajar siswa mengalami peningkatan mulai tes awal, tes akhir siklus I, sampai tes akhir siklus II. Hal ini dapat diketahui dari rata-rata nilai siswa 50 (tes awal) dengan presentase 20 %, meningkat menjadi 80 (tes akhir siklus I) dengan presentase 68 %, dan meningkat lagi menjadi 85(tes akhir siklus II) dengan presentase 88%. Kata Kunci: Metode Kooperatif STAD,Hasil Belajar,Makhluk hidup
Copyrights © 2024