Kemajuan teknologi telah membawa perubahan besar dalam industri pariwisata. Pesatnya kemajuan Teknologi Informasi Komunikasi (TIK) dalam konteks pariwisata telah secara signifikan mempengaruhi operasi industri dan sikap serta perilaku wisatawan. Oleh karena itu, penerapan smart tourism yang telah dilakukan pada beberapa daerah di Indonesia ini diharapkan dapat membantu wisatawan untuk dapat mengakses dan memberikan informasi terkait destinasi wisata yang akan dikunjungi, mengetahui lokasi dari tempat wisata tersebut, serta akomodasi yang digunakan untuk mencapai destinasi wisata tersebut. Dengan adanya smart tourism diharapkan juga dapat memberikan keseluruhan pelayanan dan pengalaman bagi wisatawan. Smart tourism juga dapat dijadikan sebagai media promosi yang paling efektif untuk mempromosikan citra destinasi wisata yang ada pada daerah tersebut dan dengan demikian mempengaruhi persepsi mereka untuk kembali melakukan kunjungan. Selain itu, melalui smart tourism diharapkan adanya peningkatan efisiensi pengelolaan sumber daya, meningkatkan keberlanjutan, dan memaksimalkan daya saing melalui penggunaan berbagai inovasi dan praktik teknologi.
Copyrights © 2024