Al-Ashri: Ilmu-Ilmu Keislaman
Vol 9 No 1 (2024): April

Mahmud Yunus' Educational Thinking and His Contribution to The Development of Islamic Higher Education

Afrianto, Afrianto (Unknown)
Rahman, Taufik (Unknown)
Jufri, Jufri (Unknown)
Ihsan, Dzul Irsyadul Fikri (Unknown)



Article Info

Publish Date
28 Apr 2024

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh sosok Mahmud Yunus sebagai salah seorang tokoh pendidikan Islam terkemuka di Indonesia. Ia dikenal sebagai guru, dosen, pendidik, dan pejabat pemerintahan. Ia telah banyak meninggalkan kesan dan pesan yang tak dapat dilupakan. Ia juga dikenal sebagai penulis produktif, karya- karya banyak dijadikan sebagai rujukan bagi kalangan akademik dalam negeri bahkan luar negeri. Mahmud Yunus tidak hanya dikenal sebgai penulis akan tetapi ia juga berusaha mempraktekkannya dalam bentuk karya nyata, Ia termasuk di antara tokoh-tokoh pendidikan di lingkungan Departemen Agama yang telah banyak berkontribusi terhadap pengembangan pendidikan Islam di Indonesia. Hal ini terlihat dari kontribusi pemikirannya di bidang pendidikan Islam melalui karya-karya tulisnya, aktif dalam mengelola serta mengembangkan lembaga pendidikan Islam di Indonesia mulai dari Lembaga Pendidikan madrasah sampai pada Lembaga Pendidikan Tinggi Islam. Tujuan peneltian ini adalah untuk menganalisis bagaimana kontribusi pemikiran pendidikan Mahmud Yunus dalam pengembangan Pendidikan Tinggi Islam di Indonesia.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

Al-Ashri

Publisher

Subject

Religion Education Languange, Linguistic, Communication & Media Social Sciences Other

Description

Al-Ashri: Ilmu-Ilmu Keislaman is the leading referenced journal published by the Institute for Research and Community Service, STAI Balaiselasa YPPTI Pesisir Selatan West Sumatra Indonesia in collaboration with the International Islamic Studies Development and Research Center (IISDRC). This is a ...