MEDIA EDUKASI: JURNAL ILMU PENDIDIKAN
Vol. 2 No. 1 (2018): MEDIA EDUKASI : JURNAL ILMU PENDIDIKAN

MENINGKATKAN KREATIVITAS ANAK USIA DINI MELALUI KEGIATAN MENCETAK DATAR PADA ANAK KELOMPOK B DI TK TIARA KASIH KEROBOKAN

Artini, Komang Ari (Unknown)
Poerwati, Christiani Endah (Unknown)
Lestari, Putu Indah (Unknown)



Article Info

Publish Date
12 Nov 2018

Abstract

ABSTRAKPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan kreativitas anak pada Kelompok B TK Tiara Kasih Kerobokan melalui kegiatan mencetak datar. Subjek penelitian adalah anak Kelompok B yang berjumlah 21 anak. Jenis penelitian yang digunakan yaitu Penelitian Tindakan Kelas (PTK), yang dilaksanakan menggunakan 2 siklus. Tiap siklus terdiri atas tahapan-tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi atau pemantauan, dan refleksi. Teknik pengumpulan data yang menggunakan instrumen berupa lembar observasi dan dokumentasi. Hasil observasi awal sebelum tindakan menunjukkan bahwa anak yang memiliki ketuntasan kemampuan kreativitas adalah 14,3%. Pada Siklus I meningkat menjadi 28,6% dan pada Siklus II telah melampaui indikator keberhasilan yaitu 90,5%. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa kegiatan mencetak datar dapat meningkatkan kreativitas anak usia dini pada Kelompok B TK Tiara Kasih Kerobokan.Kata Kunci : Anak Usia Dini, Kreativitas, Kegiatan Mencetak Datar.ABSTRACTThis study aims to determine the improvement of children creativityin Group B TK Tiara Kasih Kerobokan through monoprint activities. The subjects of this study taken from children of Group B, which amounted to 21 children. The type of research is Classroom Action Research which is implemented by 2 cycles. Each cycle consists of planning, action, observation and reflection. Technique of collecting data using instrument in the form of observation sheet and documentation. The results of preliminary observations before the action showed that children who have mastery creativity ability is 14.3%. In the first cycle increased to 28.6% and in the second cycle has exceeded the success indicator of 90.5%. Based on these results can be concluded that monoprint activities can improve the creativity of early childhood in Group B TK Tiara Kasih Kerobokan.Keywords: early childhood, creativity, monoprint.

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

jmk

Publisher

Subject

Education

Description

Media Edukasi, Jurnal Ilmu Pendidikan terbit dua kali setahun, pada bulan Juni dan Desember. Berisi tulisan yang diangkat dari hasil kajian ilmiah dan hasil penelitian di bidang pendidikan dalam Bahasa Indonesia maupun Bahasa ...