cover
Contact Name
Yohanes Octovianus Awololon
Contact Email
octhoviandryawololon@gmail.com
Phone
+6282146551280
Journal Mail Official
mediaedukasi@undhirabali.ac.id
Editorial Address
JL. Raya Padang Luwih, Dalung, Kuta Utara, Badung, Bali
Location
Kab. badung,
Bali
INDONESIA
MEDIA EDUKASI: JURNAL ILMU PENDIDIKAN
ISSN : -     EISSN : 30640431     DOI : https://doi.org/10.36002/jmk
Core Subject : Education,
Media Edukasi, Jurnal Ilmu Pendidikan terbit dua kali setahun, pada bulan Juni dan Desember. Berisi tulisan yang diangkat dari hasil kajian ilmiah dan hasil penelitian di bidang pendidikan dalam Bahasa Indonesia maupun Bahasa Inggris.
Arjuna Subject : Umum - Umum
Articles 93 Documents
IMPLEMENTASI METODE MASYARAKAT BELAJAR DALAM MENINGKATKAN KREATIVITAS ANAK USIA DINI Cahaya, I Made Elia; Suryaningsih, Ni Made Ayu
MEDIA EDUKASI : JURNAL ILMU PENDIDIKAN Vol. 1 No. 1 (2017): MEDIA EDUKASI : JURNAL ILMU PENDIDIKAN
Publisher : LPPM Universitas Dhyana Pura

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36002/jmk.v1i1.252

Abstract

AbstrakPengembangan kreativitas perlu diasah sedini mungkin. Setiap anak memiliki potensi kreatif di dalam dirinya. Namun metode mengajar yang kurang tepat dapat menghambat perkembangan tersebut. Metode masyarakat belajar memberikan kesempatan kepada siswa untuk mengembangkan kreativitasnya. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengimplementasian metode masyarakat belajar untuk meningkatkan kreativitas anak usia dini tingkat Taman Kanak-kanak. Penelitian ini dilaksanakan pada siswa TK Tunas Mekar II Dalung yang terletak di Kecamatan Kuta Utara, tahun pelajaran 2014/2015. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas dengan menggunakan metode observasi. Subjek penelitian tindakan kelas ini adalah siswa kelas B TK Tunas Mekar II Dalung sebanyak 19 anak, dengan objek penelitian implementasi metode masyarakat belajar terhadap peningkatan kreativitas anak usia dini. Hasil yang diperoleh dari pengimplementasian metode masyarakat belajar yakni dapat meningkatkan kreativitas anak dari siklus I sebesar 63,16% (12 anak) menjadi 100% (19 anak) pada siklus II.Kata Kunci : metode masyarakat belajar, kreativitas anak usia diniAbstract Creativity development needs to be sharpened as early as possible. Every child has a creative potential in themselves. However, improper teaching methods can hamper these developments. The method of learning society provides an opportunity for students to develop their creativity. This research aims to determine the implementation of learning community methods to improve early childhood creativity in kindergarten level. The research was conducted at TK Tunas Mekar II Dalung located in District North Kuta, in the academic year 2014/2015. This type of research is a classroom action research using observational methods. Subject in this research was 19 children group B TK Tunas Mekar II Dalung, with the object of research implementation of learning communities methods to increase early childhood creativity. The results obtained from the implementation of community learning methods namely the increasing creativity of early childhood from the first cycle of 63,16% (12 children) into 100% (19 children) in the second cycle.Keywords : learning community method, early childhood creativity
KREATIF MATEMATIKA MELALUI OUTBOUND : ALTERNATIF PEMBELAJARAN BAGI ANAK USIA DINI Poerwati, Christiani Endah; Cahaya, I Made Elia; Suryaningsih, Ni Made Ayu
MEDIA EDUKASI : JURNAL ILMU PENDIDIKAN Vol. 1 No. 1 (2017): MEDIA EDUKASI : JURNAL ILMU PENDIDIKAN
Publisher : LPPM Universitas Dhyana Pura

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36002/jmk.v1i1.253

Abstract

AbstrakPengenalan matematika pada anak usia dini perlu didesain dengan pembelajaran dan kegiatan yang kreatif dan inovatif. Pengalaman langsung dalam kegiatan hands-on dengan mengobservasi dan mengeksplorasi benda konkrit dalam kegiatan outbound dapat memotivasi minat anak untuk mempelajari matematika. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui implementasi kegiatan outbound dalam meningkatkan kemampuan matematika anak usia dini tingkat Taman Kanak-kanak. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas dengan menggunakan metode observasi. Subjek penelitian tindakan kelas ini adalah siswa Taman Kanak-kanak di PAUD Tunas Mekar II Dalung, dengan Objek penelitian implementasi kegiatan outbound dalam meningkatkan kemampuan matematika anak usia dini. Pada observasi awal, kemampuan matematika anak hanya mencapai kriteria ketuntasan 42,86%. Penerapan kegiatan outbound dalam siklus I terjadi peningkatan kemampuan matematika anak menjadi 52,38%, dan kembali mengalami peningkatan pada siklus II menjadi 95,24%. Sehingga dapat disimpulkan bahwa implementasi kegiatan outbound dapat meningkatkan kemampuan matematika anak usia dini.Kata kunci : anak usia dini, kreatif matematika, kegiatan outboundAbstractThe introduction of mathematics in early childhood need to be combined with learning and any creative and innovative activities. Direct experience in hands-on activities to observe and explore concrete objects in outbound activities to motivate interest in children to learn math. This study aims to determine the implementation of outbound activity to improving the math skills of early childhood kindergarten level. This research is a classroom action research using observational methods. The research subject of this class action is a kindergarten student in early childhood Tunas Mekar II Dalung, with the object of research implementation outbound activity in improving early childhood math skills. At the initial observation, mathematical abilities of children only reached 42.86% completeness criteria. Application of outbound activity in the first cycle increased mathematical abilities of children became 52.38%, and again experienced an increase in the second cycle into 95.24%. It can be concluded that the implementation of outbound activity can improve math skills of early childhood.Keywords: early childhood, creative mathematics, outbound activities
THINK-TALK-WRITE (TTW) MELALUI LESSON STUDY UNTUK MENINGKATKAN KEAKTIFAN DAN KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS MAHASISWA PG PAUD Asri, I G A Agung Sri
MEDIA EDUKASI : JURNAL ILMU PENDIDIKAN Vol. 1 No. 1 (2017): MEDIA EDUKASI : JURNAL ILMU PENDIDIKAN
Publisher : LPPM Universitas Dhyana Pura

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36002/jmk.v1i1.254

Abstract

AbstrakTujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui Implementasi model pembelajaran kooperatif tipe Think-Talk-Write (TTW) melalui Lesson Study pada pembelajaran Analisis Kebutuhan Anak Usia Dini terhadap (1) keaktifan serta, (2) kemampuan berpikir kritis mahasiswa jurusan PG PAUD semester III. Subyek dalam penelitian ini adalah mahasiswa kelas C semester III Jurusan PG PAUD tahun ajaran 2015/2016, sedangkan objek dari penelitian ini adalah keaktifan dan kemampuan berpikir kritis. Penelitian ini dilaksanakan menggunakan metode penelitian tindakan kelas.Hasil penelitian ini yakni (1) persentase rerata keaktifan belajar mahasiswa pada siklus I sebesar 69,72% dengan kategori cukup, selanjutnya pada siklus II meningkat menjadi 80,74% dengan kategori aktif, (2) persentase rerata kemampuan berpikir kritis pada siklus I sebesar 68,77% dengan kategori cukup, selanjutnya pada siklus II meningkat menjadi 80,77% dengan kategori baik. Sehingga dapat disimpulkan bahwa implementasi model pembelajaran kooperatif tipe TTW pada pembelajaran Analisis Kebutuhan Anak Usia Dini melalui lesson study mampu meningkatkan keaktifan dan kemampuan berpikir kritis.Kata kunci: pembelajaran kooperatif tipe think-talk-write, keaktifan belajar, keterampilan berpikir kritisAbstractThe purpose of this research is to know the implementation of Think-Talk-Write type (TTW) cooperative learning model through Lesson Study on Early Childhood Needs Analysis studies toward (1) learning activity and (2) critical thinking skill of PG PAUD students in third semester. The subjects in this study are students of class C third semester of PG PAUD academic year 2015/2016, while the object of this research is the activity and critical thinking ability. This research was conducted using classroom action research method. The result of this research are (1) the average percentage of students' learning activity in cycle I was 69,72% with enough category, then in cycle II increased to 80,74% with active category, (2) The percentage average of critical thinking ability in the first cycle of 68.77% with enough category, then in cycle II increased to 80.77% with good category. So it can be concluded that the implementation of cooperative learning model type TTW on learning the Needs Analysis of Early Childhood through lesson study is able to increase activity and critical thinking ability.Key words: cooperative learning Think-Talk-Write, learning activeness, critical thinking skills
IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN PROBLEM BASE LEARNING MELALUI LESSON STUDY UNTUK MENINGKATKAN HASIL BELAJAR DAN KETERAMPILAN BERPIKIR KRITIS MAHASISWA Ordani Astuti, Ni Made Erpia; Suryanto, I Wayan
MEDIA EDUKASI : JURNAL ILMU PENDIDIKAN Vol. 1 No. 1 (2017): MEDIA EDUKASI : JURNAL ILMU PENDIDIKAN
Publisher : LPPM Universitas Dhyana Pura

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36002/jmk.v1i1.255

Abstract

AbstrakTujuan penelitian ini adalah (1) untuk mengetahui efektivitas penerapan model problem base learning dalam perencanaan pembelajaran melalui lesson study, (2) untuk meningkatkan hasil belajar dan keterampilan berpikir kritis. Subjek dalam penelitian ini adalah mahasiswa semester V Program Studi Pendidikan Kesejahteraan Keluarga, Universitas Dhyana Pura, sedangkan objek dari penelitian ini adalah tes hasil belajar dan keterampilan berpikir kritis. Penelitian ini dirancang sebagai penelitian tindakan kelas (class room action research) melalui lesson study Pelaksanaan penelitian dirancang dalam dua siklus dan setiap siklus terdiri atas tiga tahapan : (1) perencanaan tindakan (Plan), (2) pelaksanaan tindakan dan observasi (Do) serta (3) refleksi (See). Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini yaitu (1) tes hasil belajar, (2) tes berpikir berpikir kritis. Data yang diperoleh selanjutnya akan dianalisis dengan menggunakan teknik analisis deskriptif kuantitatif.Hasil Penelitian menunjukkah terjadi peningkatan nilai rerata setelah dikonversi, antara hasil evaluasi belajar dan ketrampilan berpikir kritis mahasiswa dari siklus I sebesar 77,10% meningkat menjadi 85,18% pada siklus II. Hal ini menunjukkan telah terjadi peningkatan hasil evaluasi yang merupakan konversi nilai rerata siklus I ke siklus II sebesar 8,08%.Kata-kata kunci : problem base learning, lesson study, hasil belajar, keterampilan berpikir kritisAbstractThis present study was intended to (1) identify the effectiveness of the implementation of the problem-based learning in the learning plan through lesson study; (2) improve the students’ learning outcome and critical way of thinking.The subject of the study included the fifth semester students of the Study Program of Family Welfare Education, DhyanaPura University, and the object of the study was the test of learning outcome and the test of the critical way of thinking. The study is a classroom action one which was conducted through lesson study. The study was undertaken in two cycles and each was made up of three stages; they are (1) the action plan (Plan), (2) the implementation of action and observation (Do) and (3) reflection (See). The instruments used in the study were (1) the learning outcome test, (2) the critical way of thinking test. The data were analyzed using the descriptive and quantitative techniques.The result of the study showed that after being converted, the result of the learning result and the result of the students’ critical way of thinking improved from 77.10% in cycle I to 85.18% in cycle II, meaning that, after being converted, the result of evaluation improved by 8.08% from cycle I to cycle II.Keywords: problem-based learning, lesson study, learning outcome, critical way of thinking
IMPLEMENTASI METODE BERMAIN BERBANTUAN BAHAN ALAM UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN MENGENAL BILANGAN PADA KELOMPOK A TK WIDYA PUSPITA CANGGU Purnatih, Ni Luh Sri; Cahaya, I Made Elia; Prima, Elizabeth
MEDIA EDUKASI : JURNAL ILMU PENDIDIKAN Vol. 1 No. 1 (2017): MEDIA EDUKASI : JURNAL ILMU PENDIDIKAN
Publisher : LPPM Universitas Dhyana Pura

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36002/jmk.v1i1.256

Abstract

ABTRAKPenelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatkan kemampuan mengenal bilangan melalui metode bermain berbantuan bahan alam pada Kelompok A TK Widya Puspita Canggu. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas. Subjek penelitian adalah anak Kelompok A TK Widya Puspita Canggu yang berjumlah 26 anak. Objek penelitian adalah kemampuan mengenal bilangan. Penelitian ini dilaksanakan dalam 2 siklus, yaitu siklus I dan siklus II, dengan masing-masing tahapan yaitu perencanaan, pengambilan tindakan, pengamatan, dan refleksi. Teknik pengumpulan data yang dipakai adalah observasi yang berupa lembar pengamatan, dokumentasi dan wawancara. Teknik analisis data yang digunakan analisis deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Hasil observasi sebelum tindakan menunjukkan bahwa anak yang memiliki kemampuan mengenal bilangan adalah 38.5%. Pada Siklus I meningkat menjadi 50% dan pada Siklus II telah mencapai indikator keberhasilan, yaitu 85%. Berdasarkan hasil tersebut dapat disimpulkan bahwa metode bermain berbantuan bahan alam dapat meningkatkan kemampuan mengenal bilangan pada anak Kelompok A TK Widya Puspita Canggu.Kata Kunci: Kemampuan Mengenal Bilangan, Metode Bermain, Bahan AlamABSTRACTThe study aimed to the numbers identification ability improvement by natural materials playing method. The study is a Class Action Research which is held in TK Widya Puspita Canggu group A and consist of 26 students. The research object is the numbers identification ability. This study consists of 2 cycles as 1st cycle and 2nd cycle. Each cycle has their own steps which consist of planning, implementation, observation and reflection. The technique of collecting data is observation by observation sheet, documentation and interview. Descriptive analysis and qualitative approach are applied in this study. Based on the observation before the implementation found that the early number identification ability of the students is 38.5%. On the 1st cycle increasing into 50% and on the 2nd cycle the implementation indicator increasing until 85%. Based on those result, the conclusion of this study is natural material playing method able to improving the numbers identification ability of students in group A TK Widya Puspita Canggu.Keywords: numbers identification ability, natural material playing method
PENERAPAN MODEL PEMBELAJARAN KOOPERATIF TIPE TEAM ASSISTED INDIVIDUALIZATION UNTUK MENINGKATKAN MOTIVASI DAN HASIL BELAJAR Wirasaputri, Ni Nyoman Witari; Astuti, Ni Made Erpia Ordani; Suryanto, I Wayan
MEDIA EDUKASI : JURNAL ILMU PENDIDIKAN Vol. 1 No. 1 (2017): MEDIA EDUKASI : JURNAL ILMU PENDIDIKAN
Publisher : LPPM Universitas Dhyana Pura

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36002/jmk.v1i1.257

Abstract

AbstrakTujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui efektivitas penerapan model pembelajaran kooperatif tipe team assisted individualization pada mata pelajaran Boga Dasar dalam meningkatkan (1) motivasi belajar dan hasil belajar siswa kelas X dan (2) motivasi siswa kelas X Jasa Boga. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan di kelas X Jasa Boga 1 SMK Negeri 2 Tabanan dengan jumah sampel 36 siswa. Instrumen yang digunakan dalam penelitian ini adalah angket dan tes uraian. Analisis data menggunakan analisis deskriptif kuantitatif. Hasil penelitian ini menunjukkan : 1) terjadinya peningkatan motivasi belajar siswa dari 66,51% berada pada kategori “cukup”, menjadi 82,40% dengan kategori “baik”. 2) Rata-rata hasil belajar siswa pada siklus I 74,66% berada pada kategori “baik” meningkat pada siklus II menjadi 84,38% dengan kategori “baik”. Sehingga dapat disimpulkan bahwa Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe team assisted individualization dapat meningkatkan motivasi dan hasil belajar siswa kelas X Jasa Boga 1 SMK Negeri 2 Tabanan.Kata kunci: model pembelajaran kooperatif tipe team assisted individualization, motivasi belajar, hasil belajarAbstractThe purpose of this study is to determine the effectiveness of the implementation of cooperative learning model of type assisted individualization team on basic culinary subjects in improving (1) motivation of students of class X and (2) motivation of X grade students of Catering Services. This research is a class action research conducted in class X Culinary 1 SMK Negeri 2 Tabanan with sample 36 students. The instruments used in this study are questionnaires and description tests. Data analysis used quantitative descriptive analysis. The results of this study indicate: 1) the increase in student learning motivation from 66.51% is in the "enough" category, to 82.40% with the category of "good". 2) Average student learning outcomes in cycle I 74.66% are in the "good" category increased in cycle II to 84.38% with the category of "good". So it can be concluded that the implementation of cooperative learning model of type assisted individualization team can improve motivation and learning outcomes of students of class X Culinary 1 SMK Negeri 2 Tabanan.Keywords: cooperative learning model type team assisted individualization, learning motivation, learning outcomes
IMPLEMENTASI TOKEN ECONOMY DALAM MENINGKATKAN MOTIVASI BELAJAR ANAK USIA DINI Prima, Elizabeth; Lestari, Putu Indah
MEDIA EDUKASI : JURNAL ILMU PENDIDIKAN Vol. 1 No. 2 (2017): MEDIA EDUKASI : JURNAL ILMU PENDIDIKAN
Publisher : LPPM Universitas Dhyana Pura

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36002/jmk.v1i2.301

Abstract

AbstrakMotivasi merupakan dorongan yang bisa datang dari dalam diri maupun dari luar anak sehingga menimbulkan gairah, usaha, perasaan senang, dan semangat untuk melakukan sebuah kegiatan dengan lebih baik. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan motivasi belajar anak usia dini melalui Token Economy. Penelitian ini dilaksanakan pada anak usia dini di PAUD Sayang Ibu, Denpasar. Jenis penelitian merupakan Penelitian Tindakan Kelas yang dilaksanakan dalam 2 siklus dengan menggunakan metode observasi. Subjek penelitian ini adalah anak kelompok A PAUD Sayang Ibu, dengan objek penelitian meningkatkan motivasi belajar anak usia dini melalui Token Economy. Hasil yang diperoleh pada pengukuran motivasi belajar anak pada observasi awal menunjukkan ketuntasan sebesar 25%. Setelah pelaksanaan pembelajaran dengan Token Economy terjadi peningkatan ketuntasan 68,75% pada Siklus I dan kembali meningkat 87,5% pada Siklus II. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi Token Economy dapat meningkatkan motivasi belajar anak-anak Kelompok A di PAUD Sayang Ibu, Denpasar.Kata Kunci : anak usia dini, motivasi belajar, Token EconomyAbstractMotivation is an encouragement that appear from inside and outside of the child so as to generate passion, effort, feelings of pleasure, and spirit to perform a better activity. This study aims to improve the motivation of early childhood learning through Token Economy. This study was conducted at early childhood at PAUD Sayang Ibu, Denpasar. The type of this research is Classroom Action Research conducted in 2 cycles by using observation method. The subjects of this study are children of group of PAUD Sayang Ibu, with the object of research to improve the motivation of early childhood learning through Token Economy. The results obtained on the measurement of children's learning motivation on preliminary observation showed a completeness of 25%. After the implementation of learning with Token Economy there is an increase in completeness 68.75% in Cycle I and increased once more 87.5% in Cycle II. The results showed that the implementation of Token Economy can raise the motivation of studying children of Group A in PAUD Sayang Ibu, Denpasar.Keywords : early childhood, motivation to learn, Token Economy
HUBUNGAN POLA ASUH TERHADAP PERKEMBANGAN ANAK USIA DINI Asri, I G A Agung Sri; Suniasih, Ni Wayan; Suparya, I Ketut
MEDIA EDUKASI : JURNAL ILMU PENDIDIKAN Vol. 1 No. 2 (2017): MEDIA EDUKASI : JURNAL ILMU PENDIDIKAN
Publisher : LPPM Universitas Dhyana Pura

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36002/jmk.v1i2.302

Abstract

ABSTRAKTujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah pola asuh otoriter, demokratis dan permisif secara bersama-sama menunjukkan adanya hubungan dengan perkembangan nilai moral agama, sosial emosional, bahasa, kognitif dan fisik motorik. Penelitian ini dilakukan di TK Kuntala Dewi III Desa Abiansemal, Kecamatan Abiansemal Badung, dengan sampel sebanyak 42 siswa yang ada pada TK Kuntala Dewi III. Hipotesis yang diajukan dalam penelitian hanya hipotesis utama tidak merinci lebih jauh pada bagian-bagian yang lebih kecil. Adapun hipotesis yang diajukan adalah terdapat hubungan secara bersama-sama antara pola asuh demokratis, otoriter, permisif dengan perkembangan nilai moral dan agama, perkembangan sosial emosional, perkembangan bahasa, perkembangan kognitif, perkembangan fisik. Analisis data penelitian menggunakan teknik korelasi kanonikal. Pengolahan data korelasi kanonikal dalam penelitian ini menggunakan bantuan program SPSS-16 for windows. Berdasarkan hasil anilisis data, maka dapat disimpulkan dua variabel dependen dan variabel independen memiliki hubungan yang signifikan. Dengan perkataan lain terdapat hubungan antara pola asuh otoriter, demokratis, dan permisif dengan perkembangan nilai moral, sosial emosional, bahasa, kognitif, dan fisik motorik jika dilakukan pengujian secara kelompok. Dari tiga variabel independen, ada satu variabel yang memiliki hubungan yang sangat tinggi yaitu pola asuh demokratis. Dengan demikian dapat diartikan pola asuh demokratis berpengaruh terhadap perkembangan moral agama, soasial emosional, bahasa, kognitif, dan fisik motorikKata Kunci: pola asuh, nilai agama moral, sosial emosional, bahasa, kognitif, fisik motorikABSTRACTThe purpose of this study was to determine whether the authoritarian parenting, democratic and permissive together suggest a link with the development of moral values of religious, social, emotional, language, cognitive and physical motor. This research was conducted in kindergarten Kuntala Dewi III, Abiansemal Village, District Abiansemal Badung, with a sample of 42 students that exist in kindergarten Kuntala Dewi III. The hypothesis of the study is only the main hypothesis gave no further details on the portions smaller. The hypothesis proposed is that there is a relationship together between parenting democratic, authoritarian, permisive with the development of moral and religious values, social emotional development, language development, cognitive development, physical development. Research data analysis using canonical correlation techniques. Data processing canonical correlation in this study using SPSS 16 for windows. Based on the analysis of data it was inferred that the dependent variable and independent variables have a significant relationship. In other words, there is a relationship between the authoritarian parenting, democratic, and permsisif with the development of moral values, social, emotional, language, cognitive, physical and motor if the testing is done in groups. Of the three independent variables, there is one variable that have a very high that a democratic upbringing. Thus it can be interpreted democratic parenting influence on the moral development of religion, soasial emotional, language, cognitive, physical and motor.Keywords: parenting styles, religious values moral, social, emotional, language, cognitive, physical motor
EFEKTIVITAS MENDONGENG DALAM MENINGKATKAN KEMAMPUAN MATEMATIKA ANAK USIA DINI Cahaya, I Made Elia; Poerwati, Christiani Endah
MEDIA EDUKASI : JURNAL ILMU PENDIDIKAN Vol. 1 No. 2 (2017): MEDIA EDUKASI : JURNAL ILMU PENDIDIKAN
Publisher : LPPM Universitas Dhyana Pura

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36002/jmk.v1i2.303

Abstract

AbstrakPenelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan matematika melalui implementasi metode mendongeng pada anak usia dini. Penelitian dilaksanakan pada anak TK Widya Puspita Canggu kelompok B Semester 1 Tahun Pelajaran 2017/2018. Jenis penelitian adalah action research dengan prosedur empat-tahap, yaitu: 1) Perencanaan, 2) Pengambilan tindakan, 3) Pengembangan, 4) Refleksi. Penelitian dilaksanakan dalam dua siklus. Data dalam penelitian ini dikumpulkan melalui observasi. Teknik observasi ini dipandu dengan menggunakan rubrik untuk merekam data mengenai kemampuan matematika yang ditunjukkan anak usia dini. Kemampuan matematika anak pada observasi awal persentase ketuntasan hanya dicapai oleh 14 anak (51,85%), siklus I sebanyak 18 anak (66,67%), dan siklus II 22 anak (81,48%). Metode mendongeng dapat meningkatkan kemampuan matematika anak.Kata Kunci : Matematika, Mendongeng, Anak Usia DiniAbstractThis study aims to improve mathematical skills through the implementation of storytelling methods in early childhood. The research was conducted on the children of Kindergarten Widya Puspita Canggu. The type of research is action research with four-stage procedure, namely: 1) planning, 2) action taking, 3) development , 4) reflection. The study was conducted in two cycles. Data collection method used in this research is through observation by using rubric guide to record data about mathematical ability shown by early childhood. The mathematics ability of children at the initial observation of the percentage of completeness is only achieved by 14 children (51,85%), cycle I is 18 children (66,67%), and cycle II 22 children (81,48%). The storytelling method can improve the mathematical ability of the child.Keywords : Mathematic, Storytelling, Early Childhood
EFEKTIVITAS PELAKSANAAN PROGRAM MANAJEMEN SEKOLAH MENGGUNAKAN MODEL CIPP PADA TIGA SMK PARIWISATA Sentosa, Putu Pranatha; Kumari Delly, Ni Kadek Indah
MEDIA EDUKASI : JURNAL ILMU PENDIDIKAN Vol. 1 No. 2 (2017): MEDIA EDUKASI : JURNAL ILMU PENDIDIKAN
Publisher : LPPM Universitas Dhyana Pura

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar | DOI: 10.36002/jmk.v1i2.304

Abstract

ABSTRAKPenelitian ini bertujuan untuk menemukan efektivitas implementasi program Manajemen Sekolah pada tiga SMK Pariwisata di kabupaten Badung dan kodya Denpasar. Penelitian ini merupakan gabungan antara penelitian kualitatif dan kuantitatif. Teknik sampling dilakukan dengan purposive sampling, didasarkan pada ciri-ciri yang dipandang mempunyai sangkut paut yang erat dengan tujuan penelitian. Hasil penelitian ini adalah: (1) Efektivitas Implementasi program manajemen sekolah adalah Baik, (2) Efektivitas komponen konteks adalah Amat Baik, (2) Efektivitas komponen Input adalah Amat Baik, (3) Efektivitas komponen proses adalah Baik, (4) Efektivitas komponen produk adalah Baik, (5) kendala yang dihadapi terkait fenomena keterbatasan lahan serta pengembangan program pendidikan, kebijakan pemerintah dalam iplementasi kurikulum 2013, Pengelolaan dana pendidikan yang kurang optimal bagi sekolah swasta, (6) Upaya dalam mengatasi kendala adalah dengan cara melakukan kerjasama antara sekolah, komite, dewan guru, siswa, dan tokoh masyarakat mempunyai perhatian/kepedulian, kesadaran, dan tanggung jawab terhadap keberadaan dan keberlangsungan program sekolah yang telah ditetapkan sehingga dapat meningkatkan mutu pendidikan.Kata Kunci : Efektivitas Pelaksanaan Program, Manajemen Sekolah, Model CIPP.AbstractThis study aims to find the effectiveness implementation of School Management program at three Tourism Vocational High School in Badung and Denpasar regency. This research is a combination of qualitative and quantitative research. The sampling technique is done by purposive sampling, based on the characteristics which are deemed to have a close relation with the purpose of the research. The results of this research are: (1) Effectiveness Implementation of school management program is good, (2) Effectiveness of context component is Very Good, (2) Effectiveness of Input component is Very Good, (3) The effectiveness of process component is Good, (4) The effectiveness of product component is Good (5) obstacles faced related to the phenomenon of limited land and the development of educational programs, government policies in iplementasi 2013 curriculum, Management of education funds that are not optimal for private schools, (6) Efforts to overcome obstacles is to cooperate between schools, committees, teachers, students, and community leaders have a concern, awareness, and responsibility for the existence and sustainability of established school programs so as to improve the quality of education.Keywords: Program Implementation Effectiveness, School Management, CIPP model.

Page 1 of 10 | Total Record : 93