MEDIA EDUKASI: JURNAL ILMU PENDIDIKAN
Vol. 4 No. 2 (2020): MEDIA EDUKASI : JURNAL ILMU PENDIDIKAN

Penerapan Model Pembelajaran Think Pair Share Untuk Meningkatkan Keaktifan Dan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Boga Dasar Kelas X TB 1 SMK Pariwisata Dwi Tunggal Tabanan

Putri, Ni Made Dwi Dharma (Unknown)
Suryanto, I Wayan (Unknown)
Sinta Diarini, I Gusti Ayu Agung (Unknown)



Article Info

Publish Date
24 Jan 2021

Abstract

AbstrakPenerapan model pembelajaran kooperatif Think Pair Share diharapkan siswa dapat mengembangkanketerampilan berpikir dalam berkomunikasi antara satu dengan yang lainnya, saling membantu dalam kelompokkecil. Di samping itu, model pembelajaran kooperatif Think Pair Share secara langsung dapat memecahkanmasalah. Memahami materi secara berkelompok karena saling membantu antara satu dengan yang lainnya,dalam membuat kesimpulan (diskusi) serta mempresentasikan di depan kelas. Jenis penelitian ini adalahpenelitian tindakan kelas. Teknik analisis data deskriptif kuantitatif menunjukkan terjadi peningkatan hasilbelajar siswa pada siklus II sebesar 18.73%. Peningkatan ketuntasan klasikal dapat dilihat dari rata-rataketuntasan klasikal yaitu pada siklus I sebesar 46.88% sedangkan pada siklus II sebesar 100%. Analisis datamenunjukkan telah terjadi peningkatan hasil belajar siswa pada siklus II sebesar 53.12%.Kata Kunci : Model pembelajaran Think Pair Share, Keaktifan Belajar Siswa, Hasil Belajar Siswa.AbstractThe implementation of the Think Pair Share cooperative learning model is expected that students candevelop thinking and answering skills in communication with each other, working together to help each other insmall groups. Think Pair Share cooperative learning models can directly solve problems, understand a materialin groups, help each other, make conclusions and present in front of the class as one of the evaluation steps oflearning activities that have been done. This type of research is class action research with quantitative deskritivedata analysis techniques. This study showed that there was an increase in student learning outcomes in thesecond cycle by 18.73%. The increase in classical completeness can be seen from the average classicalcompleteness of 46.88% in the first cycle while in the second cycle it is 100%. This indicates that there has beena 53.12% increase in student learning outcomes in the second cycle.Keywords : Think Pair Share learning model, Student Learning Activeness, Student Learning Outcomes

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

jmk

Publisher

Subject

Education

Description

Media Edukasi, Jurnal Ilmu Pendidikan terbit dua kali setahun, pada bulan Juni dan Desember. Berisi tulisan yang diangkat dari hasil kajian ilmiah dan hasil penelitian di bidang pendidikan dalam Bahasa Indonesia maupun Bahasa ...