MEDIA EDUKASI: JURNAL ILMU PENDIDIKAN
Vol. 5 No. 1 (2021): MEDIA EDUKASI : JURNAL ILMU PENDIDIKAN

PEMBELAJARAN SAINS BAGI ANAK USIA DINI MELALUI PEMBELAJARAN BERBASIS PROYEK PADA MASA BELAJAR DARI RUMAH

Prima, Elizabeth (Unknown)
Lestari, Putu Indah (Unknown)



Article Info

Publish Date
25 Aug 2021

Abstract

AbstrakMasa pandemi Covid-19 mengharuskan semua anak melaksanakan pembelajaran secara daring atau dikenaldengan nama Belajar Dari Rumah (BDR). Selama masa pandemi, mau tidak mau pihak sekolah dan orang tuamulai bekerjasama dalam proses pembelajaran yang akan berlangsung di rumah. Walapun hal ini tidak mudahuntuk dilakukan oleh kedua belah pihak, namun agar pembelajaran tetap dapat berlangsung maka kerjasamasangatlah dibutuhkan. Begitu pula dalam proses pembelajaran sains, dibutuhkan strategi guru untukmempersiapkan pembelajaran sains yang akan dilakukan oleh peserta didik selama belajar dari rumah (BDR).Guru dituntut untuk menjadi lebih kreatif dalam memilih konten sains yang tepat yang akan dilaksanakan dalampembelajaran di rumah selama masa pandemi. Hal ini dikarenakan keterlibatan orang tua dalam pembelajaransains anak selama belajar dari rumah (BDR) mulai dari persiapan, proses, sampai pada evaluasi. Oleh karena itukerjasama antara guru dan orang tua dalam pemahaman konsep sains melalui model Pembelajaran Berbasis Proyekpada anak diharapkan mampu membantu anak berpikir lebih kritis, memecahkan masalah, dan mengetahui sebabakibatdari sesuatu yang diamatinya.Kata Kunci : anak usia dini, belajar dari rumah, pembelajaran sains, pembelajaran berbasis proyekAbstractThe pandemic period makes all children carry out learning bravely or better known as Learning FromHome. During the pandemic, schools and parents have started a learning process which takes place at home. Thisis not easy for both parties to do, but cooperation is needed in order for learning to take place. Likewise in thescience learning process, teachers need a strategy to prepare science learning that will be carried out by studentswhile learning from home. Teachers are required to be more creative in choosing the right science content thatwill be carried out in home learning during the pandemic. This is because the association of parents in learningscience for children during learning from home starts from preparation, process, to evaluation. Therefore, thecollaboration between teachers and parents in understanding concepts through the Project Based Learning modelfor children is expected to be able to help children think more critically, solve problems, and see the cause andeffect of something they observe.Keywords: early childhood, home learning, science learning, project based learning,

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

jmk

Publisher

Subject

Education

Description

Media Edukasi, Jurnal Ilmu Pendidikan terbit dua kali setahun, pada bulan Juni dan Desember. Berisi tulisan yang diangkat dari hasil kajian ilmiah dan hasil penelitian di bidang pendidikan dalam Bahasa Indonesia maupun Bahasa ...