MEDIA EDUKASI: JURNAL ILMU PENDIDIKAN
Vol. 5 No. 2 (2021): MEDIA EDUKASI : JURNAL ILMU PENDIDIKAN

MENINGKATKAN KEMAMPUAN SOSIAL EMOSIONAL ANAK KELOMPOK B1 MELALUI KEGIATAN MENGANYAM DI PAUD AISYIYAH DALUNG

Mahiroh, Nadya Rusydah (Unknown)
Prima, Elizabeth (Unknown)
Poerwati, Christiani Endah (Unknown)



Article Info

Publish Date
25 Feb 2022

Abstract

AbstrakPenelitian ini bertujuan untuk menelaah peningkatan kemampuan sosial emosional anak kelompok B1melalui kegiatan menganyam di PAUD Aisyiyah Dalung. Subjek penelitian adalah anak kelompok B1 di PAUDAisyiyah Dalung yang berjumlah 15 anak terdiri dari siswa perempuan 10 anak dan siswa laki-laki 5 anak. Jenispenelitian yang digunakan yaitu Penelitian Tindakan Kelas (PTK), yang dilaksanakan dalam dua siklus. Setiapsiklus terdiri dari empat tahapan yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Teknik pengumpulan datamenggunakan metode observasi dan dokumentasi. Penelitian ini menggunakan metode analisis deskriptif. Hasilobservasi awal sebelum dilakukan tindakan menunjukkan belum ada anak yang memenuhi kriteria ketuntasan(0%) setelah diberikan kegiatan menganyam, pada Siklus I mengalami peningkatan sebesar 40% dan pada SiklusII mencapai indikator ketuntasan sebesar 86,67%. Berdasarkan hasil ini, dapat disimpulkan bahwa kegiatanmenganyam mampu meningkatkan kemampuan sosial emosional pada 15 anak kelompok B1 di PAUD AisyiyahDalung.Kata Kunci : Sosial Emosional, Anak Usia Dini, MenganyamAbstractThis study aims to explore the increase in the social and emotional abilities of children in group B1through weaving activities at PAUD Aisyiyah Dalung. The research subjects were group B1 children in PAUDAisyiyah Dalung, totaling 15 children consisting of 10 female students and 5 male students. The type of researchused is Classroom Action Research (CAR), which is carried in two cycles. Each cycle consists of four stages, i.e.,planning, implementation, observation, and reflection. Data collection techniques used were the methods ofobservation and documentation. This research used the descriptive analysis method. The results of observationsbefore taking action showed that there were no children who met the criteria for completeness (0%) after beinggiven weaving activities. In Cycle 1, it increased by 40%. In Cycle 2, it achieved a completeness indicator of86.67%. Based on these results, can be concluded that weaving activities could improve the social-emotionalabilities of 15 children in group B1 at PAUD Aisyiyah Dalung.Keywords : Social-Emotional, Early Childhood, Weaving

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

jmk

Publisher

Subject

Education

Description

Media Edukasi, Jurnal Ilmu Pendidikan terbit dua kali setahun, pada bulan Juni dan Desember. Berisi tulisan yang diangkat dari hasil kajian ilmiah dan hasil penelitian di bidang pendidikan dalam Bahasa Indonesia maupun Bahasa ...