MEDIA EDUKASI: JURNAL ILMU PENDIDIKAN
Vol. 7 No. 2 (2023): MEDIA EDUKASI: JURNAL ILMU PENDIDIKAN

PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN TALKING STICK TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA KELAS XI JB DI SMK PRSHANTI NILAYAM

Wulandari, Ni Nyoman Citra (Unknown)
suartana, i ketut (Unknown)
Suryanto, I Wayan (Unknown)



Article Info

Publish Date
22 Aug 2023

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan yang signifikan antara nilai pre-test dan nilai post-test pada siswa kelas XI JB SMK Prshanti Nilayam dalam mata pelajaran pengelolaan dan penyajian makanan Indonesia menggunakan model pembelajaran talking stick dengan yang tidak menggunakan. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan quasi eksperimental design, yaitu Nonequivalent Control Group Design. Hasil penelitian menunjukan, 1) tidak terdapat perbedaan antara nilai pre-test pada siswa kelas eksperimen dengan kelas kontrol, karena P-value (Sig. 2-tailed) = 0,157 lebih dari α = 0,05, 2) terdapat perbedaan yang signifikan antara nilai pre-test dan nilai post-test pada siswa kelas kontrol, karena hasil uji-t pada kolom Sig.(2 tailed) = 0.000 yang kurang dari α = 0.05, 3) terdapat perbedaan yang signifikan antara nilai pre-test dan nilai post-test pada siswa kelas eksperimen, karena hasil uji-t pada kolom Sig.(2 tailed) = 0.001 kurang dari α = 0.05, dan 4) terdapat perbedaan yang signifikan antara nilai post-test pada siswa kelas eksperimen dengan kelas kontrol karena P-value (Sig. 2-tailed) = 0,000 yang kurang dari α = 0,05

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

jmk

Publisher

Subject

Education

Description

Media Edukasi, Jurnal Ilmu Pendidikan terbit dua kali setahun, pada bulan Juni dan Desember. Berisi tulisan yang diangkat dari hasil kajian ilmiah dan hasil penelitian di bidang pendidikan dalam Bahasa Indonesia maupun Bahasa ...