Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui perbedaan yang signifikan antara nilai pre-test dan nilai post-test pada siswa kelas XI JB SMK Prshanti Nilayam dalam mata pelajaran pengelolaan dan penyajian makanan Indonesia menggunakan model pembelajaran talking stick dengan yang tidak menggunakan. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan quasi eksperimental design, yaitu Nonequivalent Control Group Design. Hasil penelitian menunjukan, 1) tidak terdapat perbedaan antara nilai pre-test pada siswa kelas eksperimen dengan kelas kontrol, karena P-value (Sig. 2-tailed) = 0,157 lebih dari α = 0,05, 2) terdapat perbedaan yang signifikan antara nilai pre-test dan nilai post-test pada siswa kelas kontrol, karena hasil uji-t pada kolom Sig.(2 tailed) = 0.000 yang kurang dari α = 0.05, 3) terdapat perbedaan yang signifikan antara nilai pre-test dan nilai post-test pada siswa kelas eksperimen, karena hasil uji-t pada kolom Sig.(2 tailed) = 0.001 kurang dari α = 0.05, dan 4) terdapat perbedaan yang signifikan antara nilai post-test pada siswa kelas eksperimen dengan kelas kontrol karena P-value (Sig. 2-tailed) = 0,000 yang kurang dari α = 0,05
Copyrights © 2023