Tujuan dari penelitian adalah untuk mengetahui faktor kesulitan belajar matematika pada materi pola bilangan kelas VIII di MTs Al-Khairiyah Jakarta. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan populasi target adalah seluruh siswa kelas VIII di MTs Al-Khairiyah Jakarta. Teknik pengambilan data menggunakan tes, observasi, dan wawancara. Populasi terjangkau 24 siswa dengan sampel penelitian sebanyak 9 siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa faktor kesulitan belajar siswa pada materi pola bilangan terdiri dari dua faktor utama, yakni: (1) faktor intern berupa kurangnya motivasi diri siswa, kurangnya sikap dan minat siswa dalam belajar matematika, dan kesehatan tubuh siswa yang terkadang kurang sehat hingga proses belajar tidak terasa efektif; dan (2) faktor ekstern berupa metode pembelajaran yang disampaikan guru belum bervariasi dan belum tepat sasaran, lingkungan keluarga yang tidak turut andil memberikan motivasi, dan dukungan serta faktor lingkungan sekolah yang kerap memberikan pengaruh negatif pada siswa. Adapun untuk hasil penelitian berupa data tes pemahaman konsep materi pola bilangan menunjukkan bahwa: 66,67% siswa belum mampu mengaitkan berbagai konsep, 70,37% siswa belum mampu memberi contoh konsep, dan 51,85% siswa belum mampu menyatakan ulang konsep pola bilangan. 
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2022