cover
Contact Name
indah mayang purnama
Contact Email
himpunan.jim@gmail.com
Phone
(021) 7818718
Journal Mail Official
himpunan.jim@gmail.com
Editorial Address
Address: Department of Mathematics Education | (Kampus A) TB. Simatupang, Jl. Nangka Raya No.58 C, RT.5/RW.5, Tj. Bar., Kec. Jagakarsa, Kota Jakarta Selatan, Daerah Khusus Jakarta, 12530, Indonesia. | (Kampus B) Jl. Raya Tengah No. 80, Kel. Gedong, Kec. Pasar Rebo, Jakarta Timur, Daerah Khusus Jakarta, 13760, Indonesia.
Location
Kota adm. jakarta selatan,
Dki jakarta
INDONESIA
Himpunan: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Matematika
ISSN : 27982750     EISSN : 27975711     DOI : -
Core Subject : Education,
Himpunan: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Matematika aims as a medium of exchange of information and scientific works among the teaching staff and students on the field of Mathematics Education; Applied Mathematics; Mathematics Education, Technology, & Learning Evaluation; Etnomathematics. Himpunan: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Matematika received articles on studies (but not limited) of: 1. Quantitative, Qualitative Research, and Meta-analysis on Mathematics Education; 2. Methods and Model on Learning of Mathematics; 3. Applied Mathematics on Economics and Sciences; 4. Developing of Media, Technology and Learning Design; 5. Etnomathematics.
Articles 133 Documents
Pembelajaran berbasis proyek pada pelajaran Matematika Sekolah Dasar Awab, Zet Al; Kosim, Nanang; Putri, Melati Nurzakiah
Himpunan: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Matematika Vol 1, No 1 (2021): Himpunan: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Matematika
Publisher : Universitas Indraprasta PGRI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penulisan ini bertujuan untuk mengetahui (1) definisi Project Based Learning; (2) karakteristik Project Based Learning; (3) langkah-langkah Project Based Learning; (4) kelebihan dan kekurangan Project Based Learning. Atas dasar permasalahan tersebut maka penulis mengambil judul penulisan. Penulisan ini ditujukan pada siswa tingkat sekolah dasar, dimana karakteristik siswa sekolah dasar pada umumnya sangat aktif dan senang bermain, sehingga guru dituntut untuk lebih kreatif dan inovatif dalam pelaksanaan kegiatan belajar dan mengajar. Terlebih lagi dalam pelajaran Matematika dimana biasanya dalam benak siswa hanya fokus berhitung dan menghafal rumus-rumus. Dari hasil kajian pustaka ini diketahui bahwa model Project Based Learning dapat menjadi solusi pembelajaran siswa sehingga proses pembelajaran menjadi lebih aktif, kreatif, dan inovatif, serta siswa bisa lebih mudah memahami materi yang disampaikan oleh guru.
Pengaruh Disposisi Matematika terhadap Kemampuan Komunikasi Matematis Siswa Wijayanti, Ratna; Alimin, Alimin
Himpunan: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Matematika Vol 3, No 1 (2023): Himpunan: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Matematika
Publisher : Universitas Indraprasta PGRI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan di MTs Attahiriyah Tebet Jakarta Selatan dengan tujuan untuk membuktikan pengaruh disposisi matematika terhadap kemampuan komunikasi matematis pada siswa kelas IX. Metode penelitian yang digunakan adalah penelitian kuantitatif dengan metode survai korelasional analisis regresi sederhana. Populasi target dalam penelitian ini adalah seluruh siswa di MTs Attahiriyah Tebet Jakarta Selatan. Populasi terjangkau dalam penelitian ini hanya siswa kelas IX di MTs Attahiriyah Tebet Jakarta Selatan. Adapun sampel penelitian berjumlah 31 siswa sebagai responden dengan teknik pengambilan sampel secara simple random sampling. Instrumen penelitian yang digunakan adalah angket disposisi matematis dan soal essai kemampuan komunikasi matematis. Teknik analisis data dilakukan dengan uji korelasi dan uji regresi sederhana. Berdasarkan perhitungan data hasil penelitian, diperoleh nilai rhitung = 0,204; rtabel = 0,388 KD = 4%; thitung = 1,021; ttabel = 2,06;  Y = 37,67 + 0,172X; Fhitung = 0,39; Ftabel = 2,74. Secara keseluruhan dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang positif tidak signifikan disposisi matematika terhadap kemampuan komunikasi matematis pada siswa kelas IX di MTs Attahiriyah Tebet Jakarta Selatan
Penerapan Desain Pembelajaran Model ASSURE dalam Materi Sistem Persamaan Linear Tiga Variabel di SMKS Al Wahyu Jakarta Wulandari, Annisa Fitri; Putri, Destiana Anugrah; Rusmarhadi, Indah; Agustia, Karisma
Himpunan: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Matematika Vol 3, No 2 (2023): Himpunan: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Matematika
Publisher : Universitas Indraprasta PGRI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Pendidikan bertujuan untuk membantu anak-anak menjadi individu yang berkualitas, berkontribusi positif bagi masyarakat, dan mencapai kehidupan yang bermakna dan bahagia. Dalam hal ini pentingnya pendidikan dalam membentuk individu yang berdaya, bertanggung jawab, dan berpartisipasi aktif dalam masyarakat. Metode pengumpulan data melalui dokumentasi, dengan menggunakan pendekatan kualitatif. Sedangkan dalam menganalisis data dan metode yang digunakan adalah kualitatif. Dari hasil penelitian,fakta kenaikan perolehan nilai sebesar 1,49% dari sebelumnya maka dapat disimpulkan bahwa media microsoft powerpoint dan games yang telah dibuat oleh peneliti memiliki kriteria yang baik dan berhasil dikembangkan dalam pembelajaran matematika khususnya pada materi Sistem Persamaan Linear Tiga Variabel (SPLTV) sehingga siswa dapat memahami materi yang disampaikan dengan mudah. Dari desain model pembelajaran ASSURE, terdapat beberapa langkah kunci yang perlu dilakukan dalam proses pembelajaran untuk meningkatkan kreativitas dan hasil belajar. Langkah-langkah tersebut melibatkan analisis karakter siswa, penetapan kompetensi, pemilihan metode, media, dan bahan ajar, pemanfaatan bahan ajar, keterlibatan siswa dalam proses pembelajaran, serta evaluasi dan revisi.
Analisis Pemecahan Masalah Bilangan Riil Terkait dengan Taksonomi Bloom pada Kelas IX Putri, Nirmala; Cahyani, Yosefhine Kenya; Putri, Rizqih Amanda; Hernaeny, Ul'fah
Himpunan: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Matematika Vol 4, No 2 (2024): Himpunan: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Matematika
Publisher : Universitas Indraprasta PGRI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Matematika adalah bidang ilmu yang menyelidiki bentuk, susunan, dan konsep yang terkait dengan menggunakan logika untuk menyelesaikannya. Studi ini menggunakan metode penarikan sampel secara acak, yang berarti semua siswa kelas IX memiliki kesempatan yang sama untuk menjadi sampel. Dalam penyelidikan ini kami membuat soal-soal tentang bilangan riil yang dikaitkan dengan Teori Polya dan juga Teori Taksonomi Bloom. Kedua teori tersebut memiliki kesamaan dalam implikasi pembelajaran. Seperti, siswa harus aktif terlibat proses pembelajaran. Diharapkan siswa mampu meningkatkan cara berfikir. Setelah itu, siswa dapat melakukan evaluasi pembelajaran. Oleh karena itu, pada penelitian ini diharapkan siswa kelas IX dapat menganalisa soal dan memahami konsep-konsep bilangan yang ada dalam matematika.
Faktor Kesulitan Belajar Matematika Pada Materi Pola Bilangan Kelas VIII MTs Al-Khairiyah Jakarta Yanti, Yuli Pamuji; Supardi, Supardi
Himpunan: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Matematika Vol 2, No 1 (2022): Himpunan: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Matematika
Publisher : Universitas Indraprasta PGRI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Tujuan dari penelitian adalah untuk mengetahui faktor kesulitan belajar matematika pada materi pola bilangan kelas VIII di MTs Al-Khairiyah Jakarta. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan populasi target adalah seluruh siswa kelas VIII di MTs Al-Khairiyah Jakarta. Teknik pengambilan data menggunakan tes, observasi, dan wawancara. Populasi terjangkau 24 siswa dengan sampel penelitian sebanyak 9 siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa faktor kesulitan belajar siswa pada materi pola bilangan terdiri dari dua faktor utama, yakni: (1) faktor intern berupa kurangnya motivasi diri siswa, kurangnya sikap dan minat siswa dalam belajar matematika, dan kesehatan tubuh siswa yang terkadang kurang sehat hingga proses belajar tidak terasa efektif; dan (2) faktor ekstern berupa metode pembelajaran yang disampaikan guru belum bervariasi dan belum tepat sasaran, lingkungan keluarga yang tidak turut andil memberikan motivasi, dan dukungan serta faktor lingkungan sekolah yang kerap memberikan pengaruh negatif pada siswa. Adapun untuk hasil penelitian berupa data tes pemahaman konsep materi pola bilangan menunjukkan bahwa: 66,67% siswa belum mampu mengaitkan berbagai konsep, 70,37% siswa belum mampu memberi contoh konsep, dan 51,85% siswa belum mampu menyatakan ulang konsep pola bilangan. 
Analisis Tingkat Numerasi Kelas V SDS Dharma Bakti Putri, Ika Apriliana; Aini, Nur; Firmansyah, Aufadini Bunga; Putri, Syifa Kirani; Megawanti, Priarti; Suhendri, Huri
Himpunan: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Matematika Vol 3, No 1 (2023): Himpunan: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Matematika
Publisher : Universitas Indraprasta PGRI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis tingkat numerasi siswa kelas V di SD Swasta Dharma Bakti melalui pre test dan post test. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif pendekatan kualitatif.  Subjek dari penelitian ini adalah siswa kelas lima dengan jumlah 26 siswa. Pengumpulan data dilakukan dengan pretest dan post test, dimana terdapat 20 butir soal kompetensi yang harus diselesaikan siswa dengan benar. Hasil analisis data menunjukan tingkat numerasi siswa kelas V di SD Swasta Dharma Bakti. Hasil pre test siswa didapat skor rata-rata yaitu 27. Hasil ini mengindikasikan tingkat pemahaman siswa dalam konsep dan keterampilan numerasi dengan adanya perbaikan dan peningkatan kemampuan siswa. Untuk hasil post test siswa didapat skor rata-rata yaitu 28. Dengan hasil ini dapat disimpulkan kemampuan numerasi siswa SDS Dharma Bakti tergolong rendah. Maka diperlukan perbaikan dalam meningkatkan numerasi yang didukung oleh guru dan siswa.
Pengaruh Model Pembelajaran LSQ (Learning Start With Question) Berbantuan Aplikasi Geoboard terhadap Pemahaman Konsep Matematika Siswa Handayani, Astuti; Hamidah, Hamidah; Kusuma, Jaka Wijaya
Himpunan: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Matematika Vol 4, No 1 (2024): Himpunan: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Matematika
Publisher : Universitas Indraprasta PGRI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah pemahaman konsep matematika siswa kelas VIII SMP N 5 Serang yang mengikuti pembelajaran dengan model pembelajaran LSQ (Learning Start With Question) berbantuan media Geoboard lebih tinggi daripada siswa yang mengikuti pembelajaran konvensional. Populasi pada penelitian ini yaitu semua siswa kelas VIII SMP N 5 Serang sejumlah 352 siswa. Sampel penelitian di dapatkan dengan teknik random sampling. Populasi sebanyak dua kelas digunakan sebagai sampel yang dibentuk menjadi dua kelompok, yakni kelas VIII A menjadi kelompok eksperimen dan kelas VIII B menjadi kelompok kontrol. Penelitian ini menggunakan penelitian eksperimen semu dengan rancangan penelitian “Post Test Only Control Group Design”. Data pemahaman konsep matematika siswa diperoleh melalui tes uraian yang telah valid dan reliabel serta diuji dengan Uji-t. Bersumber hasil analisis diperoleh bahwa thitung = 3,26797 > ttabel = 1,998971 sehingga H0 ditolak, artinya pemahaman konsep matematika siswa kelas VIII SMP N 5 Serang yang mengikuti pembelajaran model pembelajaran LSQ (Learning Start With Question) berbantuan media Geoboard lebih tinggi daripada pemahaman konsep matematika siswa yang mengikuti pembelajaran konvensional.
Penerapan strategi pembelajaran ekspositori untuk mencapai tujuan pembelajaran Matematika Siswondo, Rinto; Agustina, Lasia
Himpunan: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Matematika Vol 1, No 1 (2021): Himpunan: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Matematika
Publisher : Universitas Indraprasta PGRI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Strategi merupakan usaha untuk memperoleh kesuksesan dan keberhasilan dalam mencapai tujuan. Dalam dunia pendidikan strategi dapat diartikan sebagai perencanaan yang berisi tentang rangkaian kegiatan yang didesain untuk mencapai tujuan pembelajaran tertentu. Pemilihan suatu strategi pembelajaran dilakukan dengan mempertimbangkan situasi dan kondisi, sumber belajar, kebutuhan, dan karakteristik siswa yang dihadapi. Strategi yang digunakan oleh guru sangat berpengaruh kepada hasil belajar siswa, contohnya pada mata pelajaran matematika, guru mata pelajaran matematika menggunakan strategi pembelajaran ekspositori yang mana menyampaikan materi pelajaran secara verbal, artinya bertutur secara lisan merupakan alat utama dalam melakukan strategi ini dengan maksud agar peserta didik dapat menguasai materi pembelajaran secara optimal. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif studi kepustakaan, data diperoleh dari berbagai sumber referensi tertulis, baik dari jurnal maupun artikel. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk memahami strategi pembelajaran ekspositori, dengan memahami strategi pembelajaran ekspositori diharapkan pendidik dapat menerapkan keunggulan dan menghindari kelemahan yang ada. 
Kemampuan Pemahaman Konsep Matematis Peserta Didik dalam Pembelajaran Matematika Meidianti, Anisa; Kholifah, Nur; Sari, Nur Indah
Himpunan: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Matematika Vol 2, No 2 (2022): Himpunan: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Matematika
Publisher : Universitas Indraprasta PGRI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Artikel ini merupakan tinjauan literatur kemampuan pemahaman konsep matematis peserta didik dalam pembelajaran matematika. Artikel ini ditulis dengan tujuan memberikan pemahaman secara keseluruhan mengenai kemampuan pemahaman konsep matematis sekaligus memaparkan berbagai alternatif upaya dalam meningkatkan pemahaman konsep matematis peserta didik dalam pembelajaran matematika. Hasil yang diperoleh dari penulisan artikel ini berupa uraian definisi pemahaman konsep matematis, uraian keterampilan pemahaman konsep matematis, dan pencapaian pemahaman konsep matematis pada diri peserta didik. Dari hasil tersebut, upaya diperoleh bagaimana guru dapat mengoptimalkan kemampuan pemahaman konsep matematika pada peserta didik di setiap kegiatan pembelajaran matematika. Melalui artikel ini, dapat dikatakan bahwa guru harus dapat menggunakan metode pembelajaran yang bervariasi dan menyenangkan pada peserta didik serta harus dipersiapkan dengan serius dan matang. Selain itu, guru juga harus rutin memberikan contoh serta latihan soal yang bervariasi dan tentunya membutuhkan kemampuan pemahaman konsep matematis yang tinggi. Sehingga peserta didik akan terbiasa menerapkan konsep tersbut dalam menyelesaikan permasalahan pada soal yang diberikan oleh guru ataupun dalam kehidupan sehari-hari.
Implementasi Problem Based Learning untuk Meningkatkan Kemampuan Representasi Matematis Siswa Di Sekolah Oktaviani, Ade Dwi; Farhan, Muhamad
Himpunan: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Matematika Vol 3, No 2 (2023): Himpunan: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Matematika
Publisher : Universitas Indraprasta PGRI

Show Abstract | Download Original | Original Source | Check in Google Scholar

Abstract

Kemampuan representasi matematis merupakan bagian dari keterampilan yang diperlukan dalam proses pembelajaran matematika sehingga proses pemecahan masalah dapat diselesaikan secara tepat. Tujuan penelitian ini untuk mendeskripsikan peningkatan kemampuan representasi matematis siswa melalui implementasi problem based learning. Penelitian ini digolongkan    dalamstudikepustakaan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa implementasi model pembelajaran problem based learning dapat meningkatkan kemampuan representasi matematis. Model problem based learning memberikan stimulus kepada siswa untuk aktif dalam proses pembelajaran, melatih dan membiasakan diri dalam memutuskan permasalahan baik secara individu maupun kelompok kecil, melatih untuk berpikir logis, menganalisis, memecahkan masalah sesuai prosedur yang tepat dan benar sampai pada tahap evaluasi. Aktivitas ini akan membantu siswa dalam proses mengembangkan kemampuan representasi matematis. Dengan demikian model problem based learning  sangat baik   untuk diterapkan dalam proses pembelajaran yangdapat menunjang dan meningkatkankemampuan representasi matematis siswa di sekolah.

Page 1 of 14 | Total Record : 133