Himpunan: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Matematika
Vol 4, No 2 (2024): Himpunan: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Matematika

Analisis Kemampuan Literasi Numerasi pada Materi Trigonometri Siswa Kelas X di SMA Kharismawita

Safira, Sarah (Unknown)
Andinny, Yuan (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Dec 2024

Abstract

Literasi numerasi mengacu pada kemampuan berpikir dan bernalar menggunakan bahasa dan matematika. Namun, beberapa penelitian sebelumnya menunjukkan bahwa keterampilan literasi siswa di Indonesia masih rendah. Oleh karena itu, penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi dan mendeskripsikan keterampilan literasi numerasi siswa SMA di SMA Kharismawita Jakarta pada materi trigonometri, meliputi masing-masing indikator keterampilan literasi numerasi. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif, dengan melibatkan 32 siswa kelas X sebagai subjek. Data dikumpulkan melalui tes literasi numerasi yang terdiri dari dua pertanyaan esai dan wawancara. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa keterampilan literasi numerasi siswa SMA Kharismawita Jakarta pada trigonometri dikategorikan rendah, dengan persentase rata-rata 36%. Di antara 32 siswa, hanya 19% yang menunjukkan keterampilan literasi numerasi tinggi, sedangkan persentase jawaban benar untuk setiap indikator tidak melebihi 50% untuk kedua pertanyaan. Hal ini menunjukkan bahwa sebagian besar siswa belum mampu memahami, menganalisis, dan menerapkan konsep trigonometri secara efektif.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

himpunan

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

Himpunan: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Matematika aims as a medium of exchange of information and scientific works among the teaching staff and students on the field of Mathematics Education; Applied Mathematics; Mathematics Education, Technology, & Learning Evaluation; Etnomathematics. ...