Himpunan: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Matematika
Vol 1, No 2 (2021): Himpunan: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Matematika

Implementasi etnomatematika dalam pengembangan STEAM (Science, Technology, Engineering, Art, Mathematic)

Mursabdo, Wisnu (Unknown)
Widajat, Soelistio (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Dec 2021

Abstract

Etnomatematika menjadi sebuah pendekatan baru dalam mengembangkan matematika di sekolah.  Pendekatan budaya dirasa mampu mendekatkan matematika kepada siswa.  Budaya bermain adalah budaya yang lekat dengan siswa. Budaya dan belajar pada hakikatnya adalah sesuatu yang tidak terpisahkan, budaya adalah implementasi dari proses belajar.  Etnomatematika juga dapat dikembangkan dalam dunia STEAM (science, technology, engineering, art, mathematics). Permainan anak yang dikombinasikan dalam matematika membuat anak enjoy dan secara tidak sadar belajar matematika manakala diminta menghitung luas atau volume bentuk sebuah mainan. Sentuhan seni dalam bidang permainan menjadikan arti matematika lebih berwarna, lebih mengena, dan lebih membumi.  Pendekatan budaya membuat matematika bukan hanya ilmu teori semata, namun ada implikasinya di bidang lain. Matematika tidak boleh hanya disajikan dalam kertas, tetapi matematika harus disajikan dalam sebuah bentuk yang bermakna.

Copyrights © 2021






Journal Info

Abbrev

himpunan

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

Himpunan: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Matematika aims as a medium of exchange of information and scientific works among the teaching staff and students on the field of Mathematics Education; Applied Mathematics; Mathematics Education, Technology, & Learning Evaluation; Etnomathematics. ...