Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana kreativitas memengaruhi kemampuan peserta didik di kelas X MAN 1 Kota Pekalongan untuk memecahkan masalah matematis. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif berjenis ex post facto dengan sasaran populasi seluruh kelas X MAN 1 Kota Pekalongan Tahun Pelajaran 2023/2024. Sampel penelitian sebanyak 33 peserta didik dipilih dengan menggunakan teknik simple random sampling. Data kuantitatif dari penelitian berasal dari angket kreativitas yang berisi 20 butir pernyataan dan tes kemampuan pemecahan masalah matematis sebanyak 5 soal. Data dianalisis menggunakan uji regresi linear sederhana dengan uji normalitas dan uji linearitas sebagai uji prasyaratnya. Berdasarkan hasil analisis data, diperoleh persamaan regresi dan koefisien determinasi sebesar atau . Hasil tersebut menunjukkan bahwa kreativitas berpengaruh positif dan signifikan terhadap kemampuan pemecahan masalah matematis sebesar
Copyrights © 2024