Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat literasi numerasi siswa kelas VIII di SMP Petri Jaya Jakarta Timur. Partisipan dalam penelitian ini adalah kelas VIII SMP Petri Jaya yang berjumlah 24 siswa. Pada penelitin ini menggunakan metode deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Data yang dikumpulkan yaitu hasil tes tertulis siswa dengan enam butir soal uraian materi aljabar, wawancara, dan analisis dokumen. Terdapat tiga tahapan yang dilakukan untuk teknis analisis data, yaitu: reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data. Hasil penelitian menunjukkan bahwa literasi numerasi siswa kelas VIII SMP Petri Jaya tergolong rendah. Hal ini diperoleh dari rekapitulasi literasi numerasi subjek dan hasil wawancara tiga subjek yang mewakili tingkat literasi numerasi. faktor rendahnya tingkat literasi numerasi siswa kelas VIII SMP Petri Jaya yaitu: (1) Siswa tidak menyukai soal cerita yang panjang; (2) Siswa belum memahami materi prasyarat; dan (3) Siswa kesulitan dalam menentukan strategi penyelesaian.
Copyrights © 2021