Tujuan penelitian adalah mengembangkan bahan ajar lembar kerjasiswa yang efektif sesuai dengan pembelajaran matematika pada siswa Sekolah Menengah Pertama kelas VII. Prosedur penelitian yang digunakan adalah desain instruksional modern M.Atwi Suparman yang terdiri dari beberapa langkah, yaitu pertama mengidentifikasi kebutuhan dan menulis tujuan instruksional umum, kedua melakukan analisis instruksional, ketiga mengidentifikasi perilaku dan karakteristik peserta didik, keempat menulis tujuan instruksional khusus, kelima menyusun alat penilaian hasil belajar, keenam menyusun strategi isntruksional, ketujuh mengembangkan bahan instruksional, dan terakhir evaluasi formatif. Hasil penelitian pengembangan ini adalah tersusunnya Bahan Instruksional Lembar Kerja Siswa Mata Pelajaran Matematika Berbasis Kontekstual yang berkaitan dengan masalah-masalah dalam kehidupan sehari-hari untuk memfasilitasi siswa dalam pencapaian Tujuan Instruksional Umum dan pemecahan masalah matematis serta meningkatan pemahaman peserta didik. Bahan instruksional ini berisi materi dari kurikulum terbaru yaitu, kurikulum edisi revisi 2017. Setelah Lembar Kerja Siswa selesai dibuat, maka dilakukan evaluasi formatif dengan proses uji pakar media, uji pakar materi dan uji pakar bahasa.
Copyrights © 2023