Himpunan: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Matematika
Vol 4, No 2 (2024): Himpunan: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Matematika

Pengembangan Alat Evaluasi Pembelajaran Matematika Menggunakan Permainan Edukasi Kahoot di Kelas IX

Hafidzah, Febrina (Unknown)
Jaenudin, Jaenudin (Unknown)
Khaerunnisa, Etika (Unknown)



Article Info

Publish Date
31 Dec 2024

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh kurangnya inovasi dalam proses evaluasi pembelajaran matematika yang berdampak pada rendahnya motivasi belajar siswa. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan perangkat evaluasi berbasis permainan edukasi Kahoot yang interaktif dan menyenangkan, serta mengkaji kelayakan, kepraktisan, dan efektivitasnya. Metode penelitian menggunakan model pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation) dengan subjek penelitian 30 siswa kelas IX SMP Negeri 3 Cisoka, satu ahli media, dan dua ahli materi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa alat evaluasi Kahoot sangat layak digunakan dengan skor validasi dari ahli materi sebesar 93% dan dari ahli media sebesar 98%. Respons siswa menunjukkan alat ini sangat praktis dengan rata-rata skor kepraktisan 93%. Selain itu, implementasi alat evaluasi Kahoot meningkatkan motivasi belajar siswa dan menghasilkan peningkatan rata-rata skor tes. Dengan demikian, alat evaluasi ini efektif digunakan dalam pembelajaran matematika.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

himpunan

Publisher

Subject

Education Mathematics

Description

Himpunan: Jurnal Ilmiah Mahasiswa Pendidikan Matematika aims as a medium of exchange of information and scientific works among the teaching staff and students on the field of Mathematics Education; Applied Mathematics; Mathematics Education, Technology, & Learning Evaluation; Etnomathematics. ...