Budaya yang berkembang dilingkungan masyarakat tanpa disadari memiliki konsep matematika didalamnya. Konsep matematika yang tercantum di dalam budaya ini disebut etnomatematika. Etnomatematika merupakan jembatan antara budaya, matematika, dan Pendidikan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui konsep-konsep etnomatematika pada batik Banten. Penelitian ini menerapkan jenis penelitian etnografi dengan pendekatan kualitatif. Instrumen dalam penelitian ini adalah human instrument, peneliti berhubungan langsung dengan penelitian dan berperan sebagai pengumpul data melalui pengumpulan data pustaka, wawancara, observasi dan dokumentasi. Teknik analisis data yang dilakukan dengan reduksi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini berupa aktivitas dasar matematika yang dilakukan saat pembuatan batik dan konsep matematika yang terkandung pada batik banten seperti translasi,refleksi,dan rotasi. Motif batik yang memiliki konsep matematika diintegrasikan ke dalam permasalahan materi matematika sehingga dapat menjadi sumber belajar yang baru.
Copyrights © 2021