Artikel ini merupakan hasil literature review perihal kemampuan pemecahan masalah matematis dalam pembelajaran matematika. Artikel ditulis dengan tujuan memberikan pemahaman secara komprehensif tentang kemampuan pemecahan masalah matematis sekaligus memaparkan berbagai alternatif cara dalam hal membangun kemampuan pemecahan masalah matematis peserta didik dalam pembelajaran matematika. Hasil yang diperoleh dari penulisan artikel ini berupa uraian definisi pemecahan masalah matematis, uraian indikator pemecahan masalah matematis, dan uraian upaya menumbuhkkembangkan kemampuan pemecahan masalah matematis pada diri peserta didik. Dengan hasil tersebut, diperoleh ujung yang tajam bagaimana caranya guru dapat menanamkan sekaligus membangun kemampuan pemecahan masalah matematis pada peserta didik di setiap rangkaian pembelajaran matematika. Melalui artikel ini, dapat disimpulkan bahwa guru dalam pembelajaran matematika harus dapat melaksanakan berbagai aktivitas pembelajaran yang secara spesifik dapat menstimulasi peserta didik dalam hal kemampuan pemecahan masalah matematika.
Copyrights © 2021