Dosen merupakan salah satu elemen penting yang ada di perguruan tinggi. Dosen memegang peranan penting dalam mencapai tujuan dari suatu perguruan tinggi, untuk itu institusi pendidikan harus mampu menciptakan kondisi yang dapat mendorong dosen untuk mengembangkan kemampuan yang dimiliki secara optimal. Agar dapat mencapai hal tersebut, beberapa faktor yang berpengaruh diantaranya yaitu iklim organisasi dan kecerdasan emosional. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui ada tidaknya hubungan antara iklim organisasi dengan kecerdasan emosi pada dosen di Universitas Lambung Mangkurat. Hipotesis yang diajukan adalah ada hubungan positif antara iklim organisasi dengan kecerdasan emosional pada dosen di Universitas Lambung Mangkurat. Populasi pada penelitian ini yaitu seluruh dosen di Universitas Lambung Mangkurat yang berjumlah 995 orang dosen. Jenis sampling yang digunakan yaitu cluster random sampling. dengan jumlah populasi >100 orang maka diambil 10% dari populasi sehingga didapat sampel sebanyak 100 orang dosen. Metode analisis data penelitian ini menggunakan korelasi product moment Pearson, pengumpulan data penelitian menggunakan angket yang terdiri dari angket iklim organisasi dan kecerdasan emosional. Berdasarkan uji normalitas iklim organisasi dengan signifikansi sebesar 0,099 yang berarti sebaran normal, sedangkan untuk iklim organisasi dengan signifikansi sebesar 0,087 artinya sebaran normal. Hubungan variabel iklim organisasi dengan kecerdasan emosional memiliki korelasi sebesar 0,641.
Copyrights © 2018