Jurnal Kognisia
Vol 6, No 2 (2023): OKTOBER

Pengaruh Shyness terhadap Impulsive Buying pada Mahasiswi di Kota Banjarmasin

Yasmina, Aufa (Unknown)
Fauzia, Rahmi (Unknown)
Mayangsari, Marina Dwi (Unknown)



Article Info

Publish Date
08 Mar 2025

Abstract

Impulsive buying adalah hal yang umum terjadi terutama di kalangan wanita muda. Diantara faktor-faktor yang dapat mendorong terjadinya impulsive buying ialah sifat konsumen, salah satunya sifat pemalu (shyness). Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh shyness terhadap impulsive buying pada mahasiswi Kota Banjarmasin. Partisipan penelitian ini ialah 128 mahasiswi Kota Banjarmasin yang dipilih melalui incidental sampling. Penelitian ini menggunakan alat ukur shyness dan impulsive buying yang telah diadaptasi ke dalam Bahasa Indonesia. Analisis data menggunakan regresi linear sederhana ini menunjukkan bahwa shyness memiliki pengaruh yang positif dan signifikan terhadap impulsive buying. Dalam penelitian ini, shyness mempengaruhi impulsive buying sebesar 6,5%, sedangkan 93,5% sisanya berasal dari faktor-faktor yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Hasil penelitian ini menenujukkan bahwa semakin tinggi tingkat shyness seseorang, maka semakin tinggi pula tingkat impulsive buying mereka.

Copyrights © 2023






Journal Info

Abbrev

kog

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Kognisia merupakan jurnal ilmiah yang berfokus pada riset Ilmu Psikologi, khususnya yang berkaitan dalam bidang psikologi kognitif dengan menggunakan pendekatan metode kuantitatif ataupun kualitatif. Jurnal Kognisia juga menerima artikel penelitian di bidang psikologi lain terkait topik ...