Penelitia ini bertujuan untuk mengetahui apakah ada hubungan antara strategi coping yang berfokus pada emosi dengan burnout belajar. Jenis sampling yang digunakan yaitu cluster random sampling yang mana peneliti memilih angkatan 2016 yang berjumlah 60 orang sebagai sampel. Penelitian ini iix nggufiakan analisis korelasi Karl Pearson product moment dengan instrumen penelitian yaitu skala strategi coping yang berfokus pada emosi dan skala burnoul belajar. Berdasarkan hasil uji korelasi pearson product moment sebesar (-0,646 ) dan r label 0,254 dengan signifikansi 0,05 sehingga ada hubungan antara strategi coping yang berfokus pada emosi dengon bumout belajar pada mahasiswa program studi Keperawatan Fakultas Kedokteran Universitas Lambung Mangkurat Banjarbaru dengan arah kedria hubungan variabel yang negatif, semakin tinggi strategi coping yang berfokus pada emosi inoko semakin rendah burnout belajar dan sebaliknya. Suciba•8• n efektif pada penelitian ini sebesar 42A sedangkan 38A merupakan sumbangan dari faktor lainnya yang tidak diteliti dalam penelitian ini.
Copyrights © 2019