Jurnal Kognisia
Vol 1, No 1 (2018): April

PERANAN PENGELOLAAN KELAS TERHADAP ACADEMIC FLOW PADA SISWA JURUSAN MIPA SMA NEGERI 1 MARTAPURA

Meilisa, Meilisa (Unknown)
Mayangsari, Marina Dwi (Unknown)
Rachmah, Dwi Nur (Unknown)



Article Info

Publish Date
28 Jan 2020

Abstract

Salah satu modal penting yang harus dimiliki siswa agar dapat mengikuti proses pembelajaran secara efektif sehingga mempengaruhi tingkat keberhasilan belajar adalah dengan academic flow yaitu kondisi dimana individu merasa nyaman, dapat berkonsentrasi, memiliki motivasi, serta mampu menikmati aktivitas akademik yang sedang dijalani. Adapun tujuan dari penelitian untuk mengetahui peranan pengelolaan kelas terhadap academic flow pada siswa jurusan MIPA SMA Negeri 1 Martapura. Subjek penelitian berjumlah 131 orang siswa kelas XI jurusan MIPA dengan pengambilan sampel berupa teknik cluster sampling. Metode pengumpulan data menggunakan skala pengelolaan kelas dan skala academic flow. Hasil uji regresi linear sederhana menunjukkan bahwa terdapat peranan positif pengelolaan kelas terhadap academic flow pada siswa SMA jurusan MIPA. Adapun sumbangan pengelolaan kelas terhadap academic flow pada siswa jurusan MIPA sebesar 6,3%. Berdasarkan hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa semakin tinggi tingkat pengelolaan kelas maka akan semakin tinggi academic flow pada siswa SMA jurusan MIPA.

Copyrights © 2018






Journal Info

Abbrev

kog

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Kognisia merupakan jurnal ilmiah yang berfokus pada riset Ilmu Psikologi, khususnya yang berkaitan dalam bidang psikologi kognitif dengan menggunakan pendekatan metode kuantitatif ataupun kualitatif. Jurnal Kognisia juga menerima artikel penelitian di bidang psikologi lain terkait topik ...