Abstrak Anak berkebutuhan khusus yang menjadi peserta didik tetap diharuskan untuk dapat bertahan meskipun dihadapkan pada tuntutan untuk mampu menyelesaikan tugas-tugas yang diberikan, sehingga untuk dapat bertahan pada tuntutan selama proses belajar maka dibutuhkan adanya sebuah ketabahan (grit) didalam diri. Salah satu komponen penting dari grit adalah sebuah kegigihan yang mana kegigihan tersebut dapat membentuk sebuah kebiasaan belajar baik pada siswa berkebutuhan khusus yang akan mempengaruhi performa akademik. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara kebiasaan belajar dengan grit pada siswa berkebutuhan khusus. Populasi pada penelitian ini adalah siswa berkebutuhan khusus di Banjarbaru dan Martapura, siswa(i) dipilih berdasarkan kriteria tertentu dengan syarat jumlah subjek penelitian secara mutlak. Pada penelitian ini menggunakan dua instrumen penelitian, yakni skala kebiasaan belajar dan skala grit. Menggunakan analisa data dengan analisis korelasi product moment dari Karl Person melalui SPSS versi 24 for windows. Hasil analisis data menunjukkan bahwa hubungan kebiasaan belajar dengan grit memiliki korelasi r=0,678 dari taraf signifikansi 0,000 (p< 0,05). Hal ini menunjukkan bahwa hipotesis penelitian yang menyatakan terdapat hubungan yang signifikan antara variabel kebiasaan belajar dengan variabel grit pada siswa berkebutuhan khusus diterima.Kata kunci: Siswa Berkebutuhan Khusus, Kebiasaan Belajar, Grit. Abstract Children with special needs who become students are required to survive even though they have to meet the demand for being able to complete given tasks. In order to survive the demand during the learning process, grit is needed in the students. One of the important components of grit is persistence that will be able to establish good learning habits in students with special needs which will affect their academic performance. The purpose of this study was to find out the relationship between learning habits and grit in students with special needs. The population in this study was students with special needs in Banjarbaru and Martapura, who were selected based on certain criterias on the condition that the number of study subjects was absolute. Two research instruments used in the study, namely the scale for learning habits and the scale for grit. Data were analyzed using the product moment correlation analysis from Karl Person through SPSS version 24 for windows. The results of data analysis showed that the relationship between learning habits and grit had a correlation of r = 0.678 from a significance level of 0.000 (p <0.05). This showed that the research hypothesis which stated that there is a significant relationship between the learning habits variable and the grit variable for students with special needs is accepted.Keywords: Students with Special Needs, Learning Habits, Grit
Copyrights © 2020