Jurnal Kognisia
Vol 3, No 1 (2020): April

HUBUNGAN ANTARA IKLIM SEKOLAH DENGAN MOTIVASI BERPRESTASI PADA SANTRI DI PONDOK PESANTREN DARUSSALAM MARTAPURA

Sugiarti, Rusmini (Unknown)
Mayangsari, Marina Dwi (Unknown)
Fauzia, Rahmi (Unknown)



Article Info

Publish Date
18 Sep 2020

Abstract

Pada umumnya prestasi belajar diartikan sebagai suatu bukti keberhasilan belajar atau kemampuan seorang santri dalam melakukan kegiatan belajar. Terdapat dua faktor yang mempengaruhi yaitu faktor internal dan faktor eksternal dimana untuk faktor internal salah satunya adalah motivasi sedangkan untuk faktor eksternal salah satunya adalah iklim sekolah. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara iklim sekolah dengan motivasi berprestasi pada santri Pondok Pesantren Darussalam Martapura. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui hubungan antara iklim sekolah dengan motivasi berprestasi pada santri di Pondok Pesantren Darussalam Martapura. Penelitian ini menggunakan teknik pengambilan sampel berupa teknik cluster random sampling. Peneliti menggunakan subjek sejumlah 200 orang santri. Metode analisis data menggunakan teknik korelasi product moment correlation dari Karl Pearson. Pengumpulan data menggunakan skala iklim sekolah dan motivasi berprestasi. Hasil analisis data menunjukkan adanya hubungan yang positif antara iklim sekolah dengan motivasi berprestasi.

Copyrights © 2020






Journal Info

Abbrev

kog

Publisher

Subject

Social Sciences

Description

Jurnal Kognisia merupakan jurnal ilmiah yang berfokus pada riset Ilmu Psikologi, khususnya yang berkaitan dalam bidang psikologi kognitif dengan menggunakan pendekatan metode kuantitatif ataupun kualitatif. Jurnal Kognisia juga menerima artikel penelitian di bidang psikologi lain terkait topik ...