Kurikulum 2013 dirancang agar siswa menjadi aktif dalam proses pembelajaran, untuk terlibat aktif siswa memerlukan minat pada pelajaran. Pada SMPN 2 Bakumpai masih ditemukan siswa yang diduga memiliki minat yang rendah terhadap pelajaran IPS. Faktor yang dapat berpengaruh pada minat belajar IPS salah satunya adalah pengelolaan kelas. Pengelolaan kelas yang rendah dapat berpengaruh terhadap minat belajar IPS. Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengetahui pengaruh pengelolaan kelas terhadap minat belajar IPS pada siswa SMPN 2 Bakumpai. Subjek penelitian ini adalah 51 siswa SMPN 2 Bakumpai yang dipilih menggunakan teknik pengambilan sampel jenuh. Penelitian ini menggunakan dua alat ukur sebagai instrumen pengambilan data yaitu angket tertutup pengelolaan kelas dan skala minat belajar IPS. Analisa data yang digunakan adalah analisis regresi linear menggunakan program komputer, didapatkan bahwa t hitung > t tabel (5,749 > 2,010), yang berarti ada pengaruh secara signifikan pengelolaan kelas terhadap minat belajar IPS. Berdasar pada nilai r diperoleh nilai r2 (0,635)2 = 0,403 yang menunjukan bahwa pengelolaan kelas berpengaruh terhadap minat belajar IPS sebesar 40,3%, sedangkan 59,7% merupakan pengaruh dari faktor lainnya yang tidak dibahas pada penelitian ini. Kata Kunci: Pengelolaan Kelas, Minat Belajar IPS, Siswa
Copyrights © 2021