UMKM Lapis Tarakan merupakan usaha di bidang produksi kue yang bertempat produksi di Jl. Flamboyan No.47, Kota Tarakan, Kalimantan Utara. Toko Lapis Tarakan berada di Jl. Jend. Sudirman, Kota Tarakan, Kalimantan Utara. Salah satu produk unggulan dari usaha ini yaitu kue lapis terap karena merupakan oleh-oleh khas Kota Tarakan. Strategi yang dijalankan saat ini kurang optimal, sehingga perlu adanya strategi khusus. Formulasi strategi dimulai dengan pengumpulan input dasar yaitu identifikasi faktor lingkungan internal dan eksternal. Tahap selanjutnya yaitu tahap pencocokan untuk menghasilkan alternatif strategi yang layak. Hasil dari matriks IFE dan EFE dicocokkan menjadi matriks IE untuk mengetahui posisi perusahaan. Setelah itu dilakukan analisis SWOT untuk merumuskan alternatif strategi. Tahap terakhir yaitu pengambilan keputusan strategi yang akan menjadi prioritas dengan menggunakan metode Analytical Hierarchy Process sebagai rekomendasi strategi perusahaan. Berdasarkan hasil analisa posisi perusahaan, produk kue lapis terap berada pada posisi sel 2 yaitu grow and build. Sehingga didapatkan prioritas utama yaitu strategi menjalin kerjasama dengan pemerintah dalam memperkuat citra kue lapis terap sebagai produk oleh-oleh khas kota Tarakan. Prioritas kedua adalah strategi melakukan promosi dengan konsep yang menarik dan kekinian. Prioritas ketiga adalah strategi mengikuti kegiatan pameran produk lokal ataupun UMKM yang diadakan oleh pemerintah. Prioritas keempat adalah strategi meningkatkan promosi dengan teknologi yang ada melalui berbagai media. Prioritas kelima adalah strategi memberikan informasi kepada masyarakat untuk ikut mendukung produk kue lapis terap sebagai oleh-oleh khas kota Tarakan.
Copyrights © 2024