Pendidikan memiliki peran krusial dalam membentuk masa depan generasi muda, terutama di tengah perubahan cepat di era digital. Guru memegang peran penting dalam memastikan bahwa siswa tidak hanya memahami materi pelajaran, tetapi juga memperoleh keterampilan hidup yang relevan dengan tuntutan kehidupan sehari-hari. Pelatihan ini adalah meningkatkan kompetensi digital guru, khususnya dalam pemanfaatan Scratch untuk pembelajaran yang interaktif dan kreatif. Scratch, sebagai aplikasi pemrograman visual, dirancang untuk mempermudah pembelajaran dasar-dasar pemrograman, terutama bagi pemula dan anak-anak. Melalui blok-blok pemrograman visual, pengguna dapat membuat proyek-proyek interaktif, animasi, dan permainan. Scratch menjadi sarana inspiratif untuk kreativitas, pengembangan kemampuan pemecahan masalah, dan mendorong inovasi dalam proses pembelajaran. Pelaksanaan kegiatan ini menghadapi beberapa tantangan, termasuk kurangnya pemahaman guru terhadap teknologi. Solusi yang diusulkan melibatkan kegiatan pelatihan yang fokus pada penggunaan teknologi bagi guru di TK ABA Ngabean, dengan harapan meningkatkan pemahaman mereka terhadap sistem komputer dan penerapan teknologi dalam pembelajaran. Dengan demikian, pengabdian Masyarakat ini ini bertujuan menggali potensi Scratch sebagai alat pembelajaran dalam pembuatan game sederhana yang mendukung perkembangan digital guru dan mendorong inovasi dalam pendidikan anak usia dini
                        
                        
                        
                        
                            
                                Copyrights © 2023