Infografis mulai banyak digunakan sebagai media informasi pada media sosial khususnya instagram. Sebagai media informasi di era digital, infografis memiliki karakter dan ciri khas yang berbeda di setiap media. Karakter tersebut dilihat dari penggunaan bahasa visual dan disenyalir dapat berpengaruh terhadap perbedaan segmen pembaca yang dituju oleh media. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi pengaruh penggunaan bahasa visual pada infografis @tirtoid terhadap minat segmen pembaca mahasiswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa : (1) terdapat pengaruh penggunaan font pada infografis @tirtoid terhadap minat mahasiswa dalam memperoleh informasi dengan peraihan skor 3,32 dari skor maksimal 4; (2) tidak terdapat pengaruh penggunaan warna pada infografis @tirtoid terhadap minat mahasiswa dalam memperoleh informasi dengan peraihan skor 3,12 dari skor maksimal; dan (3) terdapat pengaruh penggunaan gambar pada infografis @tirtoid terhadap minat mahasiswa dalam memperoleh informasi dengan peraihan skor 3,37 dari skor maksimal 4. Namun, secara keseluruhan dapat diambil kesimpulan bahwa terdapat pengaruh bahasa visual pada infografis @tirtoid terhadap minat mahasiswa dalam memperoleh informasi.
Copyrights © 2022