Journal of Biology Science and Education
Vol. 10 No. 1 (2022): Juni

Fortifikasi Tepung Daun Kelor (Moringa oleifera) pada Pembuatan Mie Basah Terhadap Kandungan Karbohidrat dan Protein Serta Pemanfaatannya Sebagai Media Pembelajaran

Almagfirah, Nisa (Unknown)
Lilies (Unknown)
Laenggeng, Abd Hakim (Unknown)



Article Info

Publish Date
21 Sep 2022

Abstract

Fortifikasi merupakan penambahan zat gizi makro atau mikro pada makanan yang biasa dikonsumsi oleh masyarakat untuk meningkatkan kualitas gizi makanan. Kelor Moringa oleifera merupakan tumbuhan dari suku Moringaceae yang tersebar dibeberapa daerah di Indonesia. Mie merupakan salah satu makanan pokok yang banyak dikonsumsi oleh masyarakat Indonesia. Penelitian in bertujuan untuk menentukan nilai tertinggi dan terendah kadar karbohidrat dan protein pada mie basah yang telah difortifikasi oleh tepung daun kelor serta menghasilkan media pembelajaran dalam bentuk poster. Penelitian ini merupakan penelitian eksperimen dengan Rancangan Acak Lengkap (RAL) dan analisis data menggunakan Anova dan LSD pada program SPSS 21. Penentuan kadar karbohidrat menggunakan metode Anthrone sedangkan kadar protein menggunakan metode Bradford. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa kadar karbohidrat pada mie basah yang telah difortifikasi tepung daun kelor (Moringa oleifera) yaitu, perlakuan 2 sebesar 1,73%, perlakuan 3 sebesar 1,66% dan perlakuan 4 sebesar 1,27%. Kadar protein pada mie basah yang telah difortifikasi tepung daun kelor (Moringa oleifera) yaitu, perlakuan 2 sebesar 0,16%, perlakuan 3 sebesar 0,1% dan perlakuan 4 sebesar 0,07%. Nilai tertinggi kandungan karbohidrat dan protein pada mie basah yang telah difortifikasi tepung daun kelor (Moringa oleifera) terdapat pada konsentrasi 90% pemberian tepung terigu : 10% penambahan tepung daun kelor (Moringa oleifera). Hasil uji kelayakan media pembelajaran poster menyatakan bahwa menurut dosen ahli isi, ahli desain dan ahli media layak digunakan sebagai media pembelajaran dalam bentuk poster dengan persentase 70%, 70% dan 65%. Sedangkan uji coba media pembelajaran pada mahasiswa diperoleh persentase sebesar 83,4% yang artinya media pembelajaran sangat layak untuk digunakan.

Copyrights © 2022






Journal Info

Abbrev

ejipbiol

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry Biochemistry, Genetics & Molecular Biology Education Immunology & microbiology

Description

Journal of Biology Science and Education (JBSE) is an Open Access Scientific Journal published by Department of Biology Education, Faculty of Teacher Training and Education, Tadulako University. Journal of Biology Science and Education is a peer-reviewed journal that publishes original article in ...