Journal of Biology Science and Education
Vol. 12 No. 1 (2024): Juni

Pengaruh Pembelajaran Daring terhadap Hasil Belajar Siswa tentang Biologi di Kelas XI SMAN 1 Sindue

Pakanda, Nancy Rubby (Unknown)
Tellu, Andi Tanra (Unknown)
Astija, Astija (Unknown)



Article Info

Publish Date
22 Apr 2025

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan pengaruh pembelajaran daring hasil belajar siswa tentang Biologi di Kelas XI SMAN 1 Sindue. Jenis penelitian ini adalah penelitian statistik deskriptif. Populasi dalam penelitian ini adalah menggunakan seluruh siswa dan siswi kelas XI SMAN 1 Sindue. Teknik penarikan sampel menggunakan teknik sampel jenuh (total sampling). Hasil penelitian menunjukkan bahwa tidak ada pengaruh pembelajaran daring terhadap hasil belajar siswa tetapi peneliti setelah melakukan uji hipotesis masih ada pengaruh pembelajaran daring terhadap hasil belajar siswa sebesar 3,4% meskipun itu kecil. Sementara itu untuk 96,6% dipengaruhi oleh faktor lain, diantaranya faktor lingkungan, faktor ekonomi, dan faktor psikologis siswa. Pada pelaksanaan pembelajaran daring dan hasil belajar berada dalam keadaan yang sedang. Pelaksanaan pembelajaran daring ada 56 siswa atau 66,35% siswa dari 104 siswa nilai angketnya antara nilai 82-124, sedangkan hasil belajar ada 75 siswa atau 72,11% siswa dari 104 siswa nilai hasil belajar antara 71-79. Pada uji hipotesis non parametrik ada pengaruh pembelajaran daring dan hasil belajar.

Copyrights © 2024






Journal Info

Abbrev

ejipbiol

Publisher

Subject

Agriculture, Biological Sciences & Forestry Biochemistry, Genetics & Molecular Biology Education Immunology & microbiology

Description

Journal of Biology Science and Education (JBSE) is an Open Access Scientific Journal published by Department of Biology Education, Faculty of Teacher Training and Education, Tadulako University. Journal of Biology Science and Education is a peer-reviewed journal that publishes original article in ...